Perancangan Organizational dan Department Balanced Scorecard untuk Lembaga Fund Raising di Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya

Tantio, Donny (2007) Perancangan Organizational dan Department Balanced Scorecard untuk Lembaga Fund Raising di Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2808_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2808_Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135096

Abstract

Yayasan Dana Sosial AI Falab (YDSF) merupakan perwujudan inisiatif dari beberapa tokob agama Islam di Surabaya, yang ingin menyelesaikan masalab sosial masyarakat yang dilakukan dalam bentuk baku maka didirikanlab YDSF. Selama ini pengukuran kinerja di YDSF dari aspek keuangan yaitu melalui audit publik, dan 5 perspektif yaitu Omset, Donatur, Pendayagunaan dana, Biaya operasional dan Penguatan brand sedangkan aspek non finansial banya kedisiplinan ketja yaitu menggunakan check clock, sebingga bisa dikatakan YDSF belum menerapkan metode Balance Scorecard maupun Total Performance Scorecard. Oleb karena itu dalam penelitian ini akan dirancang sistem pengukuran kinetja dengan menggunakan metode Total Performance Scorecard Balanced Scorecard (BSC) merupakan sebuah sistem manajemen strategis sekaligus sebagai sistem pengukuran kinetja yang menetjemahkan visi, misi, dan strategi organisasi ke dalam berbagai tujuan dan tolok ukur. Tolok ukur kinetja atau Key Performance Indicator (KPI) di dalam penelitian ini ditinjau dari lima perspektif, yaitu Perspektif Dampak Sosial (Mustabaiq), Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan (Donatur), Perspektif Proses Internal dan Perspektif Pengetahuan dan Pemelajaran. Agar YDSF mencapai kinetja tinggi, maka setiap level dalam organisasi barus menyelaraskan tujuan mereka dengan tujuan organisasi yang dinyatakan dalam Organizational Balanced Scorecard (OBSC) yang meliputi Scorecard Perusabaan dan Scorecard Departemen. Perancangan OBSC dimulai dengan menerjemabkan visi dan misi ke dalam faktor penentu keberbasilan, tujuan dan tolok ukur yang spesifik. Agar pencapaian masing-masing KPI dapat diukur, maka masing-masing KPI dalam OBSC barus memilki target. Target inilab yang akan digunakan sebagai dasar kriteria penilaian kinerja. Berdasarkan rancangan OBSC yang telab dibuat, dilakukan pengembangan Balanced Scorecard untuk tingkat yang lebib rendah di YDSF. Dalam penelitian ini, Scorecard Perusahaan diturunkan ke Scorecard Departemen. Pada proses perancangan Scorecard Departemen di dalam penelitian ini muncul bambatan penelitian. Hambatan penelitian tersebut adalah tidak dimungkinkannya setiap Departemen untuk merancang Scorecard Departemen berdasarkan rancangan Scorecard Perusahaan. Oleb karena itu, dilakukan modifikasi pada Scorecard Departemen yang dirancang, yaitu perancangan Scorecard Departemen dilakukan oleb perusahaan atas dasar job description. Selain itu bambatan penelitian lainnya adalah tidak dimungkinkannya setiap karyawan untuk merancang Scorecard perorangan berdasarkan rancangan Scorecard Departemen. Oleb karena itu, dilakukan modifikasi pada Scorecard Perorangan yang dirancang, yaitu perancangan Scorecard Perorangan disubtitusi dengan Pengukuran Tingkat Kesesuaian antara Target Karyawan dengan Target Perusahaan dan Tingkat Kepuasan Karyawan terbadap Hasil Dari basil pengolaban data basil kuesioner Tingkat Kesesuaian antara Target Karyawan dengan Target Perusahaan, didapatkan babwa target karyawan sesuai ( 4,1) terbadap target growth jumlab donasi, target karyawan sesuai ( 4,2) terbadap target growth jumlab donatur, target karyawan sesuai ( 4,1) terbadap target Handling Complain, kesesuaian target karyawan terbadap target perusabaan antara tolok ukur yang satu dengan yang lainnya tidak ada perbedaan tingkat kesesuaian yang signifikan (33,06 %-33,87 %). Dari basil pengolaban data basil kuesioner Tingkat Kepuasan karyawan terbadap basil didapatkan karyawan puas ( 4, 7) terbadap basil growth jumlab donasi, karyawan puas ( 4, 7) terbadap basil growth jumlab donatur, karyawan puas ( 4, 7) terbadap basil Handling Complain, kepuasan karyawan terbadap basil antara tolok ukur yang satu dengan yang lainnya tidak ada perbedaan tingkat kepuasan (33,33 %).

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 09 Nov 2017 01:09
Last Modified: 09 Nov 2017 01:09
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31111

Actions (login required)

View Item View Item