Utomo, Gusti Wahyu (2017) E-Commerce Produk Budaya Kreatif Korea. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_3924_Abstrak.pdf Download (37kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan internet yang semakin pesat seiring berjalannya waktu dapat dimanfaatkan oleh banyak pihak dalam berbagai bidang salah satunya adalah bisnis online atau yang lebih dikenal sebagai e-commerce. Beberapa tahun ini banyak negara yang mengalami “demam Korea” atau yang disebut dalam bahasa internasionalnya sebagai “Korean Wave” di mana produk budaya populer dari Korea Selatan menjadi budaya pop dunia. Berbagai produk tersebut yaitu musik pop (K-pop), drama serial TV (K-drama), bahasa, kecantikan, komik, mainan, makanan, dan berbagai produk fashion. Sebagai produk budaya pop, sasaran dari bisnis tersebut ialah para remaja, sebagai kelompok umur yang mudah menerima budaya atau gaya hidup baru dan terlebih yang bersifat global. Hal ini dapat dilihat dari dari jumlah akses video terkait dengan K-Pop di Youtube yang mencapai 793.57 juta di seluruh dunia. Populernya budaya Korea ini dapat dimanfaatkan oleh para e-commerce untuk meningkat penjualan produk Korea secara online. Pada penelitian ini menggunakan dua metode yaitu ekplorasi situs e-commerce dan survey perilaku pembeli produk Korea secara online. Untuk eksplorasi situs e-commerce yaitu menetapkan sampel situs e-commerce terlebih dahulu. Kemudian mengeksplorasi isi yang ada di situs e-commerce yang menjual produk budaya kreatif Korea di Indonesia. Setelah selesai mengekplorasi data yang ada di situs e-commerce dilakukan pengolahan dan analisis situs e-commerce menggunakan grafik dan regresi linier. Setelah itu didapatkan hasil bahwa nilai situs/ harga jual situs menentukan tingkat populer suatu situs. Hasil menyatakan bahwa nilai/ harga jual situs dipengaruhi oleh jumlah pengunjung. Untuk meningkatkan jumlah pengunjung ada beberapa hal yang dilakukan yaitu dapat menggunakan teknik SEO, membuat layanan gratis seperti software gratis atau ebook gratis, membuat komunitas, dan memberikan fitur pendukung tambahan. Untuk survey pembeli produk Korea secara online dengan cara menetapkan jumlah sampel kuisioner dan wawancara yang akan disebar. Setelah itu membuat dan merancang pertanyaan kuisioner dan wawancara. Setelah data terkumpul data dilakukan pengolahan dan analisis menggunakan grafik dan crosstabs. Setelah didapatkan hasil yang mempengaruhi proses pembelian e-commerce. Hasil-hasil yang didapatkan menyatakan bahwa para responden menyukai produk-produk Korea karena kualitas misalnya drama Korea yang mengandung faktor-faktor budaya seperti kekeluargaan, penghormatan terhadap yang lebih tua, dan ketaatan terhadap tradisi. Kedua rata-rata responden menyukai produk pakaian, kosmetik, makanan, dan DVD drama Korea. ketiga rata-rata responden sering berkunjung ke situs langganannya karena banyaknya pilihan produk, banyaknya diskon atau promo, dan harganya yang murah. Keempat responden sebelum membeli produk mencari informasi terlebih dahulu. Kelima produk-produk Korea lebih diminati kaum wanita daripada pria.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-commerce dan Korea |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 09:09 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 09:09 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31204 |
Actions (login required)
View Item |