Strategi Pengembangan Produksi Arang Putih Melalui Bisnis Online Untuk Meningkatkan Ekspor Indonesia Di Era Global : Studi Pada CV. Satojo Anugerah Sukses) Tahun 2017

Kweenedy, Cindy (2017) Strategi Pengembangan Produksi Arang Putih Melalui Bisnis Online Untuk Meningkatkan Ekspor Indonesia Di Era Global : Studi Pada CV. Satojo Anugerah Sukses) Tahun 2017. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
SP_1876_Abstrak.pdf

Download (39Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/247414

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencermati faktor- faktor internal dan eksternal yang dapat yang dapat mendukung maupun menghambat perkembangan CV. Satojo Anugerah Sukses, sesuai dengan analisis SWOT, kemudian menentukan strategi terkait pengembangan arang putih melalui bisnis online untuk meningkatkan ekspor di era global. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data yang digunakan berupa data sekunder dan primer. Data primer dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, data sekunder melalui data yang diberikan seperti dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa CV. Satojo Anugerah Sukses memiliki banyak potensi yang dapat mendukung penjualan produknya terutama dengan menggunakan media online dalam pemasarannya, antara lain dengan membuat website, pengoptimalan penjualan melalui Alibaba.com, Google.Ads, E-Bay. Selain itu, CV. Satojo memiliki sumber daya bahan baku untuk membuat arang putih juga menjadi faktor pendukung. Hambatan yang ditemui dalam usaha ini adalah struktur perusahaan yang kurang tertata sehingga pemasaran kurang optimal, metode pembayaran kurang bervariatif. Selain itu, ancaman habisnya bahan baku, barang hilang akibat pengiriman, pemogokkan tenaga kerja, nilai tukar rupiah menguat, pesaing baru, bencana alam juga menjadi faktor penghambat pengembangan CV. Satojo Anugerah Sukses. Melalui hasil temuan kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman (threats), kemudian diformulasikan kedalam matriks SWOT dan ditemukan beberapa strategi, yaitu : strategi SO (strength- opportunity) dengan memproduksi arang putih sebanyak- banyaknya, pengembangan pemasaran melalui E-Commerce dimaksimalkan, harga jual yang murah mampu mendongkrak penjualan. Strategi ST (strength- threats) menjaga sumber daya yang ada melalui penanaman kembali, menjaga hubungan baik dengan tenaga kerja dan masyarakat sekitar, mengasuransikan barang- barang yang akan dikirim. Strategi WO (weaknesses- opportunity) dengan menyediakan cara pembayaran yang lebih bervariatif, mengurangi promosi door to door dengan memaksimalkan promosi online, mencari alternatif lain untuk melakukan Quality Control produk. Strategi WT (weaknesses- threats) dengan membangun system kerja yang lebih terstruktur dan rapi, tetap menjaga mutu agar konsumen tidak beralih ke perusahaan lain, menjaga hubungan baik dengan para pekerja dan masyarakat sekitar agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan, Bisnis Online
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 30 Nov 2017 06:55
Last Modified: 30 Nov 2017 06:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31295

Actions (login required)

View Item View Item