Optimalisasi Pengobatan Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Rumah Diabetes Ubaya dengan Layanan Medication Therapy Management (MTM)

NOPIANI, LANAE (2017) Optimalisasi Pengobatan Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Rumah Diabetes Ubaya dengan Layanan Medication Therapy Management (MTM). Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MFK_129_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MFK_129_Abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/245166

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena melihat pentingnya layanan medication therapy management (MTM), tetapi belum ada data penerapan dan penelitian layanan MTM di Indonesia khususnya pada pasien diabetes melitus tipe 2. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh MTM terhadap masalah terkait obat (MTO), keamanan pengobatan dan perbaikan kondisi klinis. Desain penelitian ini menggunakan Randomized Controlled Trial, dengan total 58 pasien yang dibagi dalam 2 kelompok, yaitu 29 pasien kelompok uji dan 29 pasien kelompok kontrol. Populasi pasien dari Rumah Diabetes Ubaya. Pasien kelompok uji diberikan intervensi berupa layanan medication therapy management (MTM) yang dikunjungi setiap 2 minggu. Kedua kelompok ditindaklanjuti selama 3 bulan. Hasil dari penelitian ini, layanan MTM memberikan perbedaan yang signifikan terhadap penurunan kejadian masalah terkait obat, penurunan efek samping obat, perbaikan HbA1c, perbaikan tekanan darah dan penurunan indeks massa tubuh dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: medication therapy management, diabetes melitus
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Clinical Pharmacy
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 04 Dec 2017 07:28
Last Modified: 04 Dec 2017 09:14
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31324

Actions (login required)

View Item View Item