Penerapan Metode Analytic Network Process (ANP) dalam Menentukan Competitive Criteria pada Supermarket Studi Kasus di Supermarket Alfa dan Giant

Wantijono, Nancy Nenawati (2006) Penerapan Metode Analytic Network Process (ANP) dalam Menentukan Competitive Criteria pada Supermarket Studi Kasus di Supermarket Alfa dan Giant. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2625_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2625_Abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135411

Abstract

Dewasa ini jumlah masyarakat Indonesia yang berbelanja di supermarket khususnya kola Surabaya semakin meningkat. Oleh karena itu banyak sekali supermarket yang bermunculan sehingga tingkat persaingan menjadi semakin ketat. Pihak supermarket perlu mengetahui competitive criteria agat dapat bertahan dalam persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan competitive criteria yang diperlukan dalam persaingan bisnis dengan melakukan pembobotan terhadap competitive criteria berdasarkan hasil wawancara dan kuesioner, serta melakukan penilaian terhadap supermarket berdasarkan competitive criteria sebagai dasar untuk menyusun strategi agar dapat bertahan dalam persaingan. Penelitian ini dilakukan pada dua supermarket di Surabaya yang tergolong cukup besar yaitu Alfa dan Giant. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytic Network Process (ANP) untuk menggabungkan bobot competitive criteria dari berbagai pihak.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2017 08:58
Last Modified: 05 Dec 2017 08:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31340

Actions (login required)

View Item View Item