Hubungan Antara Sikap Terhadap Asisten Dosen dengan Frekuensi Kehadiran Mahasiswa di Kelas Asistensi

Santini, Januar (2006) Hubungan Antara Sikap Terhadap Asisten Dosen dengan Frekuensi Kehadiran Mahasiswa di Kelas Asistensi. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of P_236_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
P_236_Abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151915

Abstract

Proses asistensi di fakultas psikologi ubaya mempunyai tujuan, yaitu untuk membantu dosen dalam proses pembelajaran, namun tidak semua mata kuliah di fakultas psikologi ubaya membutuhkan program asistensi. Asistensi diperlukan untuk beberapa mata kuliah yang membutuhkan banyak latihan dan praktikum. Berdasarkan basil survey awal terhadap 15 orang mahasiswa angkatan 2000-2002 didapatka.n bahwa 86,67 o/o menyatakan kelas asistensi diperluk:an tetapi pada kenyataannya hanya 33,33 % mahasiswa yang aktif datang di kelas asistensi dan 66,67 % yang kadang-kadang saja hadir di kelas asistensi. Alasan mahasiswa tidak hadir di kelas asistensi diantaranya dapat dipengaruhi oleh asisten sebagai seorang pribadi dan cara asisten mengajar di kelas yang dapat memunculkan sikap mahasiswa terhadap asisten tersebut. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti kelas asistensi semester genap 2004-2005. Mata kuliah asistensi yang diambil adalah TAT & CAT, Psikologi konseling, Pauli & Inventory, Psikologi belajar, Ro & Ben Rho, Terapi Humanistik, Tes Gratis, Statistik. Jumlah subjek penelitian adalah 203 orang. Metode pengumpulan data dengan angket terbuka dan angket tertutup. Perbitungan validitas dan reliabilitas angket dilakukan dengan program SPSS for Windows versi 13.00. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik product moment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara sikap terhadap asisten dosen dengan frekuensi kehadiran di kelas asistensi. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara sikap terhadap asisten dengan frekuensi kehadiran dengan koefisien korelasi r= 0,228 dan p< 0,05. Hal ini menunjuk:kan bahwa semakin baik sikap terhadap asisten maka semakin tinggi tingkat kehadiran di kelas asistensi. Dari koefisien korelasi diperoleh sumbangan efektif sikap terhadap frekuensi kehadiran sebesar 5,2 %. Sisanya adalah variabellain seperti metode pengajaran, prioritas apa yang dipilih, IPK, tingkat kesibuk:an yang lebih menentuk:an tindakan seseorang. Saran bagi penelitian ini adalah bagi mabasiswa yang kehadirannya rendah mempunyai jadwal yang padat, dapat diatasi jika mahasiswa mampu mengelola waktu. Bagi asisten dosen lebih meningkatkan kemampuan dan kompetensi dalam pengajaran. Bagi fakultas psikologi perlu mengadakan analisis kebutuhan mahasiswa terhadap asistensi karena dari data yang di dapat rata-rata frekuensi kehadiran mahasiswa di kelas adalah kurang dari 2 kali dalam satu semester. Bagi penelitian berikutnya, melakukan penelitian dengan menggunakan fak.tor-faktor lain yang mempengaruhi kehadiran misalnya, menggunakan kelompok IPK tinggi dan rendah agar dapat membandingkan pengaruhnya dalam menentuk:an kehadiran di kelas asistensi, menggunakan faktor tingkat pemahaman materi atau tingkat kesulitan mata kuliah, menggunakan faktor kepadatan jadwal kegiatan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: sikap, frekuensi kehadiran, kelas asistensi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Jan 2018 00:26
Last Modified: 04 Jan 2018 00:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31425

Actions (login required)

View Item View Item