Pengaruh Media Audio dan Visual pada Jumlah Kosakata Bahasa Mandarin

Melisa, Ifen (2006) Pengaruh Media Audio dan Visual pada Jumlah Kosakata Bahasa Mandarin. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_240_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_240_Abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151916

Abstract

Bahasa Mandarin adalah bahasa yang kini perlu dikuasai selain bahasa lnggris. Karena merupakan bahasa yang baru diajarkan, maka siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin merupakan bahasa intonasi. Dalam l kata bahasa Mandarin terdapat 4 kata yang berbeda. Media audio dan visual adalah media pembelajaran yang terdiri dari gambar dan kaset yang diharapkan dapat membantu siswa dalam mempelajari bahasa Mandarin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan jumlah kosakata bahasa Mandarin antam sebelwn dan sesudah penggunaan media audio dan visual. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Rangkah VII, Surabaya yang berusia 10-11 tahun. Subyek yang dipilih tidak pemah atau tidak sedang mengikuti kursus Mandarin. Penelitian ini jenis penelitian kuantitatif yang membandingkan dua kelompok. Alat ukur daJam penelitian ini adalah observasi, angket dan tes kosakata. Analisis data menggunakan Independent Sample t-Test. Hasil analisis data memmjukkan ada perbedaan jumlah kosakata bahasa Mandarin antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (t=l3,423 dan p (0,000} < 0,05), jumlah kosakata kelompok eksperimen lebih banyak dibandingkan dengan kelompok kontrol. Perbedaan dapat terjadi karena adanya obyek yang nyata dalam mempelajari bahasa Mandarin, adanya pengulangan dan bahasa Mandarin adalah bahasa kedua yang paling disukai siswa. Berdasarlam basil penelitian ini dapat disarankan kepada sekolah untuk memberikan metode pengajaran yang lebih bervariasi, sehingga dapat menarik perbatian siswa Bagi orang tua, hendaknya dapat lebih mendukung siswa dalam mempelajari bahasa Mandarin. Misalnya dengan menempelkan gambar ditempat yang mudah terlihat, sehingga siswa dapat berlatih mengingat kosakata. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk memberikan materi yang sama pada kelompok kontrol, tetapi cara penyampaiannya berbeda.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: media audio dan visual, jumlah kosakata, bahasa Mandarin
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Jan 2018 00:45
Last Modified: 04 Jan 2018 00:45
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31427

Actions (login required)

View Item View Item