Siswa SMU PGRI I Jombang Terhadap Pelaksanaan Model Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi

Nataliasari, Meyke (2006) Siswa SMU PGRI I Jombang Terhadap Pelaksanaan Model Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_237_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_237_Abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151914

Abstract

Saat ini kurikulurn yang digunakan di sekolah-sekolah negeri maupun swasta adalah Kurikulurn Berbasis Kompetensi (KBK), guna memperbaiki mutu pendidikan yang ada di Indonesia. KBK adalah seperangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi dan basil belajar yang harus dicapai siswa, penilaian, kegiatan belajar mengajar, dan pemberdayaan surnber daya pendidikan dalam pengembangan kurikulurn. Dengan adanya pergantian kurikulurn yang terkesan mendadak ini, maka banyak pro dan kontra dari masyarakat terutama dari pihak sekolah dan siswanya sendiri. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendapatkan gambaran sikap siswa terhadap pelaksanaan KBK, terutama pada model pembelajaran di sekolah. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah 52 siswa dari kelas XI IPA-1 dan kelas XI IPA-2 di SMU PGRI I Jombang melalui angket terbuka dan anket tertutup yang dibagikan ke siswa. Angket tertutup menggunakan skala Iikert dengan 5 skala. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu bahwa kebanyakan siswa SMU PGRI I Jombang bersikap positifterhadap pelaksanaan model pembelajaran KBK di sekolah. Tetapi ada juga siswa yang masih lebih menyukai kurikulurn lama (kurikulurn 1994), dan ada juga yang bersikap biasa saja (netral). Berbagai macam sikap muncul disebabkan siswa dan guru merasa masih kurang matang dalam persiapan melaksanakan KBK. Saran bagi penelitian ini adalah pihak sekolah diharapkan dapat merekrut tenaga kelja guru yang memang memiliki kualifikasi tinggi pada bidangnya, dan memperhatikan kebutuhan guru yaitu pengetahuan dan pemahaman tentang KBK. Pihak guru diharapkan diharapkan untuk memperhatikan siswa satu-persatu, bagaimanakah kebutuhan siswa, apakah siswa mampu mengikuti cara belajar yang saat ini digunakan di sekolah. Siswa diharapkan dapat menurnbuhkan motivasi dan keinginan yang besar dari dalam diri masing-masing agar siswa dapat aktif dan kreatif dalam proses belajar tanpa tergantung pada guru dan dapat mengikuti pembelajaran di sekolah dengan baik.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Jan 2018 01:05
Last Modified: 04 Jan 2018 01:05
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31429

Actions (login required)

View Item View Item