Perancangan Permainan Edukasi Untuk Anak Usia 4-6 Tahun Sebagai Penunjang Belajar Pengenalan Bahasa Mandarin (hanzi) Yang Melibatkan Gerakan Motorik Dengan Metode Active Learning

THE, SHIENNY MELIANA (2012) Perancangan Permainan Edukasi Untuk Anak Usia 4-6 Tahun Sebagai Penunjang Belajar Pengenalan Bahasa Mandarin (hanzi) Yang Melibatkan Gerakan Motorik Dengan Metode Active Learning. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/230862

Abstract

Semakin berkembangnya jaman menuntut sumber daya manusia yang memilki kemampuan yang lebih dalam berbahasa. Bahasa yang menjadi salah satu pilihan banyak masyarakat Indonesia adalah bahasa Mandarin. Berbagai macam lembaga kursus dan sekolah mulai memberikan pelajaran bahasa Mandarin. Belajar bahasa yang dimulai pada usia 4-6 tahun sangat efektif, hal ini dikarenakan anak pada usia 4-6 tahun lebih cepat menangkap sesuatu yang baru. Pada usia 4-6 tahun anak-anak akan lebih tertarik dengan permainan yang didasari dengan kegiatan pada motorik mereka, dengan metode Active Learning membuat anak-anak belajar secara aktif namun dapat memahami apa yang dipelajari. Sebuah permainan yang dapat mengenalkan mereka akan budaya Indonesia dapat menjadi salah satu alternatif untuk melestarikan permainan dan budaya negara Indonesia. Oleh karena itu,LACCCIFUN adalah sebuah permainan yang dirancang khusus untuk anak-anak belajar mengenal huruf bahasa Mandarin (hanzi) yang melibatkan saraf motorik anak dengan penggunaan permainan tradisional Indonesia yaitu enggrang bathok. Dengan permainan ini anak dapat belajar bahasa asing dengan melestarikan permainan khas dari negara Indonesia.Produk ini juga telah diuji coba kepada anak-anak dan ternyata anak-anak menyukai permaianan ini dan belajar huruf bahasa Mandarin terasa lebih mudah dan menyenangkan. Namun produk ini memilki kelemahan terhadap berat dari produk yang terbuat dari bahan dasar kayu. Tetapi permasalahan diatas dapat diatasi dengan sistem yang telah dirancang sehingga disesuaikan dengan kekuatan dari pembimbing.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: bahasa Mandarin, permainan, anak-anak, motorik, tradisional, LACCIFUN.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Product Design and Management
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 04 Mar 2013 03:30
Last Modified: 04 Mar 2013 03:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3143

Actions (login required)

View Item View Item