Mariani, Desey (2005) Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan di Universitas Surabaya dan Universitas Kristen Petra. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2439_Abstrak.pdf Download (53kB) | Preview |
Abstract
Saat ini persaingan antar perguruan tinggi semakin ketat, tidak hanya mutu saja yang mempengaruhi tetapi juga fasilitas-fasilitas yang ada di perguruan tinggi tersebut. Fasilitas yang umum dan penting adalah tersedianya perpustakaan. Perpustakaan merupakan sarana yang sangat mendukung mahasiswa dan dosen serta staff untuk memperlancar proses belajar mengajar dan menjadi sumber informasi, sehingga kualitas layanannya perlu ditingkatkan. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner kepada mahasiswa di Universitas Surabaya dan Universitas Kristen PETRA. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan terhadap kualitas layanan di masing-masing universitas. Dari basil analisis deskriptif untuk Universitas Surabaya diperoleh dimensi yang dianggap penting adalah reliability (4.24) dan dimensi yang mempunyai kepuasan tertinggi adalah tangibles (3.25). Sedangkan untuk Universitas Kristen PETRA adalah reliability (3.95) untuk dimensi yang dianggap penting dan dimensi tangibles (3.24) yang mempunyai kepuasan tertinggi. Dari analisis ketergantungan berdasarkan profit responden terlihat bahwa angkatan, menggunakan layanan perpustakaan, frekuensi ke perpustakaan sebulan terakhir, belajar mandiri, membaca koranlmajalah, meminjam buku, membaca skripsi berhubungan dependen dengan universitas (UBA Y A dan PETRA). Dari analisis perbedaan mean dengan metode uji t dua sampel independen terlihat bahwa terdapat perbedaan mean antar universitas untuk tingkat kepentingan pada keempat dimensinya, akan tetapi pada tingkat kepuasan terlihat bahwa pada keempat dimensinya ada yang terdapat perbedaan mean dan tidak terdapat perbedaan mean antar universitas. Dari analisis kelemahan dan keunggulan perpustakaan Universitas Surabaya didapatkan variabel-variabel mana saja yang menjadi kelemahan dan perlu mendapatkan perhatian khusus dan perlu ditingkatkan kualitas layanannya pada tiap dimensi sebagai berikut: memadainya jumlah meja dan kursi, memadainya jumlah Ioker, kondisi buku-buku (secara fisik), memadainya jumlah komputer untuk mencari buku, memadainya jumlah katalog untuk mencari skripsi, ketepatan penataan buku-buku di rak, kemudahan pengoperasian komputer tmtuk mencari buku, kemudahan pengoperasian komputer untuk mencari jurnal dan skripsi, kecepatan layanan bagian Ioker, kecepatan layanan petugas fotocopy, keramahan dan kesopanan karyawan bagian Ioker, memadainya jumlah buku yang tersedia, memadainya jumlah buku yang dapat dipinjam, ketersediaan buku-buku terbitan barn. Karena adanya keterbatasan maka tidak semua variabel yang menjadi kelemahan diperbaiki. Variabel yang diperbaiki antara lain penentuan jumlah komputer yang memadai. Melalui perhitungan dengan Operations Research diperoleh jumlah komputer yang memadai. Selain itu juga dilakukan analisis perbandingan website perpustakaan antara Universitas Surabaya dengan Universitas Kristen PETRA. Hasil dari analisis ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada pihak perpustakaan Universitas Surabaya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan Universitas Surabaya sehingga menjadi lebih baik.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 09 Jan 2018 01:02 |
Last Modified: | 09 Jan 2018 01:02 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31442 |
Actions (login required)
View Item |