Soesanto, Rolly Pratono (2005) Perancangan Ruang Kelas TK Santa Maria yang Ergonomis di Rembang. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2440_Abstrak.pdf Download (65kB) | Preview |
Abstract
Ruang kelas TK adalah salah satu fasilitas belajar-mengajar yang sangat penting bagi siswa dan guru pengajar. Sebagai fasilitas belajar yang penting, ruang kelas yang ada di TK Santa Maria di Rembang saat ini masih terasa kurang ergonomis. Untuk itu harus ditemukan solusi untuk meminimalisaikan ketidaknyamanan dan ketidakergonomisan ruang kelas TK Santa Maria ini .. Perancangan ruang kelas dilakukan dengan mengaplikasikan teori ergonorni, antropometri, serta perancangan dan pengembangan produk. Dengan menggunakan teori ini diharapkan perbaikan yang dilakukan sesuai dengan keinginan pengguna serta meningkatkan nilai ergonorni dan estetika bentuknya Perbaikan yang perlu dilakukan antara lain perbaikan pada ketinggian meja, sehingga ruang gerak lutut menjadi lebib lapang dan tidak membungkuk saat menulis. Perbaikan kedalaman kursi, sehingga semua siswa dapat bersandar pada sandaran dengan nyaman, dan kaki tidak tergantung. Perbaikan pijakan papan tulis, sebingga siswa tidak lagi menggunakan kursi . yang berbahaya selain itu juga siswa dapat menulis di papan tulis tanpa berjinjit. Agar kerapian ruangan lebib terjaga, perlu dibuat tempat penyimpanan alat peraga dan basil prakarya siswa Mengompimalkan pemakaian locker yang sudah ada untuk menyimpan tas dan tempat minum. Hasil perancangan dan perhitungan untuk fasilitas-fasilitas penunjang diperoleb untuk ukuran meja yang barn yaitu panjang, Iebar, dan tinggi meja adalah 58cm, 52cm, dan 51 em. Untuk kursi diperoleh tinggi dudukan, Iebar dudukan dan kedalaman dudukan adalah 27cm, 33cm, dan 30cm, sedangkan untuk tinggi sandaran dan Iebar sandaran adalah 3lcm dan 33cm. Sedangkan untuk tempat penyimpanan alat peraga dan basil prakarya memiliki ukuran sebagai berikut: tinggi kotak = 32cm, panjang kotak = 35cm, tinggi rak = 128cm, panjang rak = 280cm, dan kedalaman rak = 52cm Pijakan papan tulis merniliki ukuran sebagai berikut: tinggi pijakan = 3lcm, panjang pijakan = 7lcm, Iebar pijakan = 42cm, tinggi anak tangga = 15.5cm, dan Iebar anak tangga = 25cm. Dari basil wawancara dan pembagian kuesioner, dirancang ruang kelas yang sesuai dengan keinginan responden mengenai desain fasilitas-fasilitas penunjang dan dari segi warna dan ukurannya Untuk wama cat dinding responden menginginkan warna biro dan putih agar ruangan kelibatan lebib sejuk dan bersih. Pemberian gambar dinding berupa buruf yang berwama-warni juga berdasarkan keinginan responden dengan tujuan menarik minat siswa untuk terasa nyaman di kelas dan gambar tersebut merniliki nilai edukasi yang tinggi bagi siswa Dan untuk fasilitas penunjang responden menginginkan wama-warna yang cerah. Selain perbaikan fasilitas penunjang, dan ruang kelas, juga dilakukan penelitian untuk perbaikan lingkungan. Untuk itu dilakukan antara lain malakukan pengukuran suhu ruangan selama 2 minggu w1tuk meneliti apakah suhu ruangan sudah cukup baik dan optimal untuk kegiatan belajar mengajar. Implementasi yang dilakukan antara lain pembuatan meja dan kursi siswa yang baru, tempat penyimpanan alat peraga dan basil prakarya siswa, pijakan papan tulis, dan penggantian warna cat dinding dan pemasangan gambar dinding. Setelah implementasi ketinggian meja, dari pengamatan langsung didapatkan bahwa sesuai dengan siswa karena siswa tidak membungkuk pada saat menulis dan kaki merniliki ruang gerak yang bebas di bawah meja, kursi merniliki ukuran yang sesuai dengan dimensi tubuh siswa, dan bentuk yang estetis. Semua responden basil wawancara (1000/o) menyatakan bahwa meja dan kursi yang burn sudah bagus baik bentuk, warna, keamanan, dan kekuatan. Dan pihak sekolah setuju mengenai harga dan kemudahan perawatan. Untuk wama cat dan gambar dinding, semua orang tua murid dan guru (1 00%) mengaku senang dan rnerniliki banyak komentar diantaranya adalah: ruang kelas menjadi lebib "fresh', ruang kelas tampak bersih, dan komenlar yang paling banyak adalah ruang kelas menjadi Iebih menarik dan kelihatan ')embar" (luas). Untuk pijakan papan tulis pihak guru menyatakan bahwa pijakan yang barn merniliki wama yang menarik selain itu dapat membantu siswa menulis dipapan tulis dengan aman dan nyaman. Sedangkan wawancara yang dilakukan dengan siswa, siswa merasa senang karena merniliki "panggung" baru.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 09 Jan 2018 01:24 |
Last Modified: | 09 Jan 2018 01:24 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31443 |
Actions (login required)
View Item |