Studi Deskriptif Aplikasi Prinsipprinsip Pendidikan Orang Dewasa Pada Program Strata2

Aprilia, Astrid (2006) Studi Deskriptif Aplikasi Prinsipprinsip Pendidikan Orang Dewasa Pada Program Strata2. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_265_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_265_Abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151917

Abstract

Proses belajar tidak berhenti saat meninggalkan bangku sekolah tetapi berlangsung terns melalui pergaulan dengan sesamanya, pengalaman kerja, bacaan, maupun kursus-kursus. Pemerataan pendidikan dimasa sekarang telah membuka kesempatan seseorang untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi, sehingga orang dewasa dapat belajar lagi. Salah satu bentuk pendidikan orang dewasa adalah program strata-2. Pada survey awal di program Magister Manajemen Unversitas "X" terdapat beberapa hal yang tidak sesuai dengan prinisip pendidikan orang dewasa, yakni pembimbing tidak melakukan upaya berdiskusi di dalam kelas dan berorientasi teori. Peran pembimbing dalam proses belajar mengajar sebaiknya seminimal mungkin dan memusatkan pembelajaran pada peserta didik, dan fokus pada pemecahan masalah kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, melalui open coding, axial coding, dan selective coding. Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui hal-hal yang telah sesuai maupun tidak sesuai dengan prinsip pendidikan orang dewasa berdasar pada teori Knowles, Darkewald dan Merriam, kendala dalam rnenerapkan prinsip pendidikan orang dewasa, dan upaya yang dapat dilakukan dalam rnenerapkan prinsip pendidikan orang dewasa pada program Magister Manajernen Universitas "X". Informan penelitian ini adalah dua orang pembimbing dan dua orang peserta didik program Magister Manajernen Universitas "X". Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara pada semua informan dan observasi pada proses pembelajaran di kelas. Hasil menunjukkan bahwa beberapa prinsip pendidikan orang dewasa telah diterapkan pada program tersebut, yakni suasana belajar yang bebas sehingga peserta didik dapat mengeluarkan pendapatnya. Metode pembelajaran yang menekankan interaksi dua arah. Sistem evaluasi yang cukup baik. Beberapa hal yang tidak sesuai dengan prinsip pendidikan orang dewasa, yakni pembimbing terlalu berfokus pada teori, pembimbing memberikan contoh-contoh yang tidak terkait dengan materi, dan evaluasi terhadap pembimbing yang dilakukan lembaga belum terealisasi dengan baik. Kendala yang terkait dengan hal ini yakni keterbatasan waktu dan keterbatasan pengalarnan yang dimiliki pembimbing maupun peserta didik, mahasiswa fresh graduate yang belum memiliki pengalaman, pembimbing yang belum paham akan prinsip pendidikan orang dewasa. Maka upaya yang dapat dilakukan dengan melatih diri pembimbing maupun peserta didik untuk mengolah time-management, menggabungkan antara mahasiswa yang telah bekerja dengan mahasiswafresh graduate sehingga mereka dalam belajar dapat saling melengkapi, lembaga memberikan informasi dan pelatihan pada pembimbing terkait prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: prinsip pendidikan orang dewasa, program strata-2 X111
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 06 Feb 2018 01:06
Last Modified: 06 Feb 2018 01:06
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31621

Actions (login required)

View Item View Item