Wilianto, Eko (2007) Perbaikan Customer Relationship Management di Universitas Widya Kartika. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2801_Abstrak.pdf Download (83kB) | Preview |
Abstract
Persaingan di dunia pendidikan terutama di universitas pada saat ini sangat ketat. Terlebih lagi, pada saat ini banyak sekali bennunculan universitas-universitas baru. Hal ini yang menyebabkan lembaga-lembaga pendidikan seperti universitas mengubah asas mereka tentang bagaimana cara mereka menyeleng-garakan dan mempengaruhi pelanggan. Akan tetapi bagi Universi1as, kompetisi ini bisa menjadi sebuah motivasi bagi Universitas agar dapat masuk ke dalam persaingan ini. Untuk dapat masuk dalam persaingan tersebut, makaUniversitas barus menempatlum koosumen sebagai prioritas utama. Suatu relationship antara Universitas dengan konsmnen akan sangat berpengarub terbadap terbadap hal tersebut Hal ini dikarenakan melalni relationship atau hubungan 2 arab yaitu antara Universitas dengan konsumen akan dapat diketabui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen yang selama ini belum diketabui oleb pemsabaan Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat keefektivitasan penerapan CRM yang telah ada, agar universitas dapat mempertinggi nilai dan bubungan yang terbentuk dengan pelanggan (mahasiswa, para staf pen~ar di universitas, dan para staf administrasi). Pada penelitian ini dilakukan beberapa analisis yaitu analisis deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui latar belakang konsumen; analisis kepuasan yang bertujuan untuk mengetahni tingkat kepuasan konsmnen; analisis loyalitas yang bertujuan untuk mengetahui pengelompokkan tingkat loyalitas yang terjadi; analisis bubungan untuk mengetahui pengelompokkan tingkat bubungan yang terjadi; analisis CTOS.ftobs yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya ketergantungan antara pengelompokan loyalitas konsumen dengan latar belakang; analisi manova yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat kepuasao dan kepentingan konsumen dengan kelompok loyalitas yang terbentuk; analisis korelasi bertujuan untuk mengetahui dna hal pada bubungan antar dna variabel; analisis path yang bc:rtujuan untuk hubungan kansal antara dna atau lebib variabel; analisis kuadran yang bertujuan untuk mengetahui kelebiban dan kelemahan suatu produk. Berdasarkan basil dari pengolaban dan analisis yang telah dilaknkan, dapat disimpulkan bahwa strategi CRM yang diterapkaD oleb Universitas Widya Kartika dapat dikatakan masib kurang efektif bagi mahasiswa, tetapi efektif nagi dosen dan staf administrasi. Hal ini dikarenakan tingkat kepuasan dari mahasiswa yang diperoleb masib tergolong dalam kategori rendah dan masib ada beberapa variabel kepuasan yang berpengarub termasuk dalam kuadran IV, sedangkan pada analisis tingkat hubungan diperoleh sebagian besar mahasiswa Universitas Widya Kartika termasuk dalam kategori hubungan empati yang merupakan tingkat hubungan yang paling rendah. Dari basil analisis loyalitas mahasiswa, diperoleh sebagian besar mahasiswa termasuk dalam ketegori loyalty demonstrates an immunity to pull of the competition yang berarti mahasiswa tersebut loyal akan tetapi tidak mau merekomendasikan Universims Widya Kartika kepada orang lain. Akan tetapi, dari analisi sistern kmja manajemen, Universims Widya Kartika dapat dibilang baik karena hampir semua dimensi rata-rata memiliki nilai mean score 3. Dari basil keseluruhan analisis yang dilaknkan, dibarapkan UniversilliS Widya Kartika dapat menentukan strategi perbaikan yang tepat bagi pelanggan sehingga dengan strategi perbaikan yang ada, kepuasan, loyalilliS dan hubungan yang terbentuk dengan konsumen dapat meningkat ke arah yang lebib baik.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 07 Feb 2018 01:06 |
Last Modified: | 07 Feb 2018 01:06 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31634 |
Actions (login required)
View Item |