Analisis Ekuitas Merek dan Ekuitas Pelanggan Terhadap Stasiun Radio Metro Female dan Radio Kosmonita di Surabaya

., Moren (2005) Analisis Ekuitas Merek dan Ekuitas Pelanggan Terhadap Stasiun Radio Metro Female dan Radio Kosmonita di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2493_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2493_Abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135375

Abstract

Radio sebagai salah satu sarana informasi memiliki segudang konsekuensi dan fungsi sosial dibidang komunikasi massa yang kian kompleks. Radio memiliki kodrat yang unik untuk mempengaruhi pendengar melalui program dan iklannya. Bahkan dalam menggeser nilai dan gaya hidup pendengarnya. W anita adalah target pasar yang sangat potensial, mengingat jumlah penduduk wanita lebih banyak daripada pria. Hal ini dapat terlihat dengan pertumbuhan bidang usaha yang ditujukan untuk memanjakan wanita, misalnya salon-salon, tempat spa, dan bisnis .fashion. Semua orang membutuhkan informasi, terutama wanita. Wanita dituntut untuk beremansipasi di samping tetap mengingat kodratnya sebagai wanita. Karena menyandang peran ganda itulah maka wanita menjalani hidup yang lebih kompleks dibandingkan pria. Hingga saat ini, di Surabaya terdapat dua stasiun radio yang mempunyai segmen program siarnya untuk wanita, yaitu radio Metro Female dan Kosmonita. Untuk dapat menghadapi persaingan yang semakin ketat diperlukan strategi untuk mempertahankan dan merebut market share (pangsa pasar). Salah satu strategi perbaikan yang dapat digunakan adalah dengan mengoptimalkan seluruh aset yang ada yaitu brand (merek) dan customer (pelanggan). Jika suatu perusahaan ingin memenangkan persaingan maka perusahaan tersebut hams dapat mengoptimalkan seluruh ekuitas mereknya (brand equity) dan ekuitas pelanggannya (customer equity). Penelitian ini dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada 150 responden yang pernah mendengarkan radio Metro Female dan radio Kosmonita. Teknik sampling yang digunakan adalah judgment sampling. Variabel-variabel ekuitas merek yang diteliti meliputi kesadaran merek, kesan kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek. Sedangkan variabel ekuitas pelanggan yang diteliti meliputi customer acquisition, customer retention, dan add on selling. Berdasarkan basil yang diperoleh, diketahui bahwa radio Metro Female merniliki nilai ekuitas merek sebesar 2.3839 dan nilai ekuitas pelanggan sebesar 2.4781. Sedangkan radio Kosmonita memiliki nilai ekuitas sebesar 2.1532 dan nilai ekuitas pelanggan sebesar 2. 7151. Untuk nilai total ekuitas radio Metro Female memiliki skor 2.48 sedangkan radio Kosmonita memiliki skor 2.43. Meskipun dernikian, nilai total ekuitas kedua radio ini tergolong kategori ekuitas tinggi. Berdasarkan basil analisis yang telah dilakukan, usulan perbaikan yang disarankan bagi radio Metro Female adalah menambah program acara berkualitas, seperti info headline news koran hari ini, info film, dan lagu-lagu. Di samping itu, radio Metro Female juga dapat menambah jam siaran dan menambah program acara off air. Sedangkan usulan perbaikan yang disarankan bagi radio Kosmonita adalah menambah frekuensi memutar lagu baik itu lagu dalam negeri maupun manca negara, dan juga dapat menambah acara kuis ataupun pemberian hadiah.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 09 Feb 2018 00:58
Last Modified: 09 Feb 2018 00:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31645

Actions (login required)

View Item View Item