Legawa, Susanti (2005) Integrasi Analisis SWOT, Balanced Scorecard, dan Quality Function Deployment (QFD) dalam Pengukuran Kinerja di UD. Barometer Jember. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2497_Abstrak.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
U.D. Barometer yang dipimpin oleh bapak Rudyyanto merupakan badan usaha yang bergerak di bidang jasa otomotif. Kinerja perusahaan yang selama ini hanya diukur dari sisi keuangannya saja sudah tidak memadai serta tidak dapat dijadikan pedoman untuk menuntun dan mengevaluasi perjalanan perusahaan melalui lingkungan bisnis yang semakin kompetitif. Oleh karena itu perusahaan perlu mempertimbangkan untuk mengimplemantasikan sistem pengukuran kinerja yang lebih komprehensif yang meliputi tidak hanya aspek keuangan saja tetapi juga aspek non keuangan. Balanced Scorecard merupakan kerangka pengukuran yang memandang kinerja perusahaan dari empat perspektif, yaitu financial, customer, internal business process dan learning and growth. Kriteria-kriteria penilaian kinerja dalam Balanced Scorecard ditentukan oleh strategi-strategi yang digunakan oleh U.D. Barometer sehingga perusahaan memiliki strategi yang tepat. Oleh karena itu, bentuk dan pemilihan strategi harus disesuaikan dengan visi, misi, competitive requirement, value chain, serta kondisi lingkungan ekstemal maupun internal perusahaan yaitu berupa strength, weakness, opportunity, dan threat. Selanjutnya rumusan strategi tersebut dijabarkan pada keempat perspektif Balanced Scorecard yang berupa tolok ukur, faktor pemicu kinerja, target, dan inisiatif. Pada financial perspective, tolok ukur yang digunakan adalah Return on Assets, Current Ratio, Profit Margin on Sales, dan Sales Growth Ratio. Pada customer perspective, tolok ukumya adalah Customer Loyality, Percentage of New Customers, Percentage of Complaint. Pada internal business process perspective tolok ukumya adalah Sales Return, Persentase Supplier Mengirim Tepat W aktu, dan Persentase kesalahan pengiriman barang dari gudang. Pada learning & growth perspective tolok ukumya adalah Percentage of New Employee, Absenteeism, Employee Turnover, Persentase Keluhan Tanggapan Karyawan, dan Employee Training. Bobot kepentingan masing-masing perspektif dan tolok ukur ditentukan dengan metode Pairwise Comparison. Bobot dari masing-masing perspektif Balanced Scorecard tersebut adalah sebagai berikut untuk financial perspective 0, 170, untuk customer perspective 0,321, untuk internal business process perspective 0,404, dan untuk learning and growth perspective 0,1 06. Dari basil pengukuran, diketahui bahwa kinerja perusahaan secara keseluruhan pada tahun 2004 adalah 2,178 (cukup) di mana skala penilaian yang digunakan antara 1-3, dengan nilai masing-masing perspektif adalah 2,587 (baik) untukfinancial perspective, 1,4 (kurang) untuk customer perspective, 2, 703 (baik) untuk internal business process perspective, 2,002 ( cukup) untuk learning and growth perspective. Dari basil pengukuran kinerja tersebut dapat juga dilihat kinerja tolok ukur yang pencapaiannya mengalami penurunan yaitu persentase pengiriman barang dari gudang, statis pada nilai rendah yaitu customer loyality, percentage of complaint, employee turnover, statis pada nilai sedang yaitu return on assets dan persentase tanggapan keluhan karyawan, serta yang mengalami peningkatan namun belum mencapai target seperti employee training, sehingga perlu disusun inisiatif untuk perbaikannya. Melalui metode Quality Function Deployment inisiatif-inisiatif tersebut ditentukan kontibusinya terhadap tolok ukur yang akan diperbaiki. Kemudian dibuat matriks melaksanakan inisiatif perbaikan tersebut dalam hal ini diketahui bahwa Kepala bagian bengkel, Kepala bagian kantor, dan Kepala bagian gudang yang akan banyak berperan. Langkah selanjutnya adalah menyusun tindakan-tindakan yang lebih rinci (action plan) dari masing-masing inisiatifuntuk ketiga kepala bagian tersebut.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 09 Feb 2018 01:51 |
Last Modified: | 09 Feb 2018 01:51 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31646 |
Actions (login required)
View Item |