Analisis dan Perancangan Siklus Pendapatan Berbasis Customer Relationship Management untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada UD Mitra Baru di Mataram

Adiputra, Eka Cipta (2017) Analisis dan Perancangan Siklus Pendapatan Berbasis Customer Relationship Management untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada UD Mitra Baru di Mataram. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
M_6041_Abstrak.pdf

Download (148Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/248794

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang siklus pendapatan berdasarkan Customer Relationship Management pada UD “Mitra Baru” yang berlokasi di Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan objek UD “Mitra Baru”. UD “Mitra Baru” merupakan badan usaha yang bergerak di bidang distribusi atau sebagai distributor. Adapun produk yang didistribusikan antara lain biscuit, air minum, maupun minuman sachet. Peran utama aktivitas distributor sebagian besar didukung dengan peran utama sales, manajer, dan administrasi. Analisis didasarkan pada penerapan Customer Relationship Management, maupun ukuran loyalitas pelanggan pada UD “Mitra Baru”, sehingga menemukan berbagai masalah terkait siklus pendapatan. Permasalahan juga diketahui melalui wawancara. Permasalahan didukung dengan berbagai kebijakan yang diterapkan, antara lain: sanksi berupa teguran, komunikasi via handphone, proses monitoring, dan pencatatan pada Customer Record Card. Permasalahan yang ada diantaranya: permasalahan database, penawaran produk, keluhan pelanggan, belum adanya sarana online, area mapping, kurangnya komunikasi dengan outlet, maupun loyalitas pelanggan. Hasil penelitian pada UD “Mitra Baru” yaitu dalam bentuk rekomendasi yang dapat dijadikan rancangan sistem agar loyalitas meningkat. Rekomendasi yang diberikan antara lain: Kartu keanggotaan, Pihak Customer Service, Website atau sistem online, penambahan database, dan peningkatan Control. Berbagai rekomendasi tersebut sesuai untuk perkembangan usaha UD “Mitra Baru”. Hal ini menunjukkan bahwa suatu Customer Relationship Management sangat penting untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Tujuan utama oleh pihak internal ingin keberlangsungan usaha dari sisi pendapatan terus berkembang terutama melalui hubungan pelanggan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: siklus pendapatan, Customer Relationship Management, Loyalitas Pelanggan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Mar 2018 06:57
Last Modified: 05 Mar 2018 06:57
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31785

Actions (login required)

View Item View Item