Perancangan Rute Perjalanan Wisata Keluarga di Karesidenan Malang Menggunakan Model Orienteering Problem with Hotel Selection (OPHS)

Wahyuni, Dewi (2017) Perancangan Rute Perjalanan Wisata Keluarga di Karesidenan Malang Menggunakan Model Orienteering Problem with Hotel Selection (OPHS). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TM_3989_Abstrak.pdf

Download (43Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/247951

Abstract

Karakteristik Karesidenan Malang yaitu setiap kabupaten memiliki tempat wisata yang dapat memenuhi wisata keluarga di Indonesia namun tidak adanya rekomendasi rute wisata yang disesuaikan bagi wisatawan keluarga. Oleh karena itu dibutuhkan perancangan rute wisatawan keluarga di Karesidenan Malang. Perancangan rute ini sesuai dengan model Orienteering Problem with Hotel Selection and Time Windows, disebabkan kedua model ini sesuai dengan kondisi tempat wisata yang beragam pada setiap kabupaten serta lokasi awal dan akhir yang bukan tempat wisata, dan mempunyai tujuan memaksimalkan jumlah score di tempat wisata yang diinginkan wisatawan keluarga juga merancang perjalanan dalam satu/beberapa hari (multidays). Dengan model OPHS dan OPHSTW diperoleh rute dengan skor maksimum yang sama sebesar 52.5 serta wisatawan mengunjungi 13 tempat wisata dengan status feasible, tetapi model OPHS tidak pada kondisi rill karena tidak ada jaminan time windows pada tempat wisata, maka digunakan model OPHSTW yang menjamin kedatangan sesuai jam operasional. Adanya analisis sensitifitas pada model OPHSTW yaitu mengubah Td yang sensitif karena meningkatnya jumlah tempat wisata semakin besar serta jumlah skor maksimum atau sebaliknya. Dengan mengurangi Td smenjadi 5.5 jam diperoleh penurunan jumlah tempat wisata dan skor maksimum sebesar 15%, selanjutnya menambahkan Td menjadi 9 jam diperoleh peningkatan jumlah tempat wisata serta skor maksimum sebesar 25%.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: optimasi, wisata keluarga, OPHS, time windows, multidays
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 06 Mar 2018 07:40
Last Modified: 06 Mar 2018 07:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31799

Actions (login required)

View Item View Item