Studi Deskriptif Mengenai Psychological Well-Being Caregiver Yang Merawat Lansia

Yuwono, Jane Paulina (2017) Studi Deskriptif Mengenai Psychological Well-Being Caregiver Yang Merawat Lansia. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
K_834_Abstrak.pdf

Download (54Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/247656

Abstract

Seiring berjalannya waktu, individu akan mulai memasuki fase lanjut usia, dimana usia mereka mulai menginjak 60 tahun ke atas. Ketika individu mulai memasuki fase ini, kebanyakan dari mereka sudah tidak mampu lagi beraktivitas dengan enerjiknya seperti pada saat masih muda. Oleh karena itu, dibutuhkan pendampingan secara intensif oleh orang - orang di sekitarnya. Penelitian tentang psychological well-being caregiver yang merawat lansia ini merupakan penelitian studi deskriptif kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah survei, dengan populasi dan sampel subjeknya yaitu kelompok individu dewasa menengah yang berusia 30 - 60 tahun yang sedang menjalani peran sebagai family caregiver bagi orangtua kandungnya sendiri, dengan pengalaman minimal 5 bulan. Subjek yang telah didapatkan adalah 50 subjek, yang berasal dari berbagai kota di Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, ada 2 yaitu Psychological Well-Being (PWB) Scale, dan Finding Meaning Through Caregiving (FMTC) Scale. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan ialah uji indeks diskriminasi, uji distribusi frekuensi, norma ideal, dan tabulasi silang. Berdasarkan hasil analisis data, PWB caregiver dalam penelitian ini tergolong tinggi dan cenderung sangat tinggi (94% dari jumlah total keseluruhan subjek). Hal ini juga didukung dengan perolehan total skor yang tergolong sedang hingga tinggi dari pemaknaan mereka selama proses caregiving, yang diperoleh menggunakan skala FMTC (96% dari jumlah total keseluruhan subjek). Selain itu, perolehan skor dari aspek-aspek psychological well-being juga patut diperhitungkan. Dari keenam aspek yang ada, perolehan skor yang tergolong tinggi hingga sangat tinggi yaitu berasal dari aspek self acceptance (penerimaan diri). Dengan adanya penelitian ini, diharapkan agar subjek dapat lebih memahami bentuk-bentuk masalah selama proses caregiving yang berpotensi dapat memperburuk kondisi kesejahteraan psikologisnya dan mampu mengatasinya dengan lebih ikhlas dalam menjalankan proses caregiving, sehingga beban yang dirasakan tidak memperburuk kondisi kesejahteraan psikologisnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: psychological well-being, meaning in caregiving, family caregiver, individu lanjut usia, self-acceptance.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 08 Mar 2018 09:06
Last Modified: 08 Mar 2018 09:06
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31820

Actions (login required)

View Item View Item