Job Evaluation Sebagai Langkah Pengembangan Aspek Finansial Reward Management System Di PT.X

Patricia, Heidi and Secapramana, Laurentia Verina Halim and Nugroho, J.L. Eko (2016) Job Evaluation Sebagai Langkah Pengembangan Aspek Finansial Reward Management System Di PT.X. In: Temu Ilmiah Himpunan Psikologi Indonesia, 18-19 November 2016, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

[thumbnail of Eko Nugroho_JOB EVALUATION.pdf] PDF
Eko Nugroho_JOB EVALUATION.pdf

Download (358kB)

Abstract

Kepuasan kerja berkaitan erat dengan tingkat kualitas kehidupan kerja dan mendukung timbulnya motivasi, komitmen organisasi, serta produktivitas kerja. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap tingkat kepuasan kerja adalah job fairness. Pentingnya pemberian gaji secara adil (distributive dan procedural justice) menjadi prediktor kuat terhadap fairness yang dirasakan karyawan. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan fairness dan kepuasan kerja melalui pelaksanaan job evaluation yang menghasilkan job grading. Partisipan adalah 79 job title dalam 13 divisi kantor pusat PT. X. Pengambilan data asesmen dilakukan dengan mengukur tingkat kepuasan dan keadilan kerja. Pengambilan data intervensi dilakukan denganreview job description sebagai bagian dari job analysis dan dilakukan job evaluation dengan metode Hay untuk menghasilkan job grading. ±62% karyawan memiliki tingkat kepuasan dan keadilan kerja yang cukup. Gaji (18.2%) dan procedural justice (24.7%) menjadi faktor utama penyebab rendahnya tingkat kepuasan dan keadilan kerja pada 11.69% karyawan. Job evaluation mencakup 3 faktor pengukuran, yaitu know-how, akuntabilitas, dan problem solving. Penyusunan usulan sistem job grading, mendapat respon positif pihak manajemen sebagai langkah meminimalisir isu ketidakadilan dan dasar pengembangan sistem penggajian. Usulan sistem job grading ini perlu diikuti dengan evaluasi mendalam pihak manajemen dalam memahami prosedur dan juga sosialisasi secara transparan kepada karyawan karena perubahan yang akan diterapkan bersifat mayor.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kualitas kehidupan kerja,kepuasan kerja,keadilan kerja, evaluasi jabatan, job grading, metode Hay.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Verina Halim 188005
Date Deposited: 22 Mar 2018 07:00
Last Modified: 19 Feb 2024 08:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31886

Actions (login required)

View Item View Item