Implementasi Pengendalian Kualitas dengan Menggunaan Metode Statistik pada PT Industri Marmer Indonesia Tulungagung

NATASYA, MEIRILYN (2012) Implementasi Pengendalian Kualitas dengan Menggunaan Metode Statistik pada PT Industri Marmer Indonesia Tulungagung. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5275_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5275_Abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231969

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan perekonomian dalam era globalisasi mengakibatkan timbulnya perusahaan-perusahaan baru, yang pada akhirnya meningkatkan persaingan. Banyaknya perusahaan yang memproduksi produk yang sama menyebabkan semakin kecil porsi penjualan produk, sehingga hal ini membuat perusahaan ataupun pelaku bisnis menjadi berlomba-lomba untuk memiliki berbagai keunggulan dan salah satu keunggulan yang paling utama adalah keunggulan kualitas. Salah satu industri yang mengalami persaingan yang semakin ketat dari tahun ke tahun adalah jenis industri bahan galian golongan C atau bahan galian non logam. PT IMIT merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri bahan galian golongan C atau bahan galian non logam yang memproduksi berbagai jenis dan ukuran marmer. Dimana Marmer jenis Kawi ukuran 60 x 60 x 2 cm, jenis Bromo ukuran 60 x 60 x 2 cm, dan jenis Kawi ukuran 120 x 240 x 2 cm merupakan jenis marmer yang paling banyak diproduksi dan yang paling sering dipesan oleh konsumen, sehingga kemungkinan cacat yang dihasilkan sangat besar atau lebih banyak daripada jenis dan ukuran marmer lain yang diproduksi. PT IMIT sudah melakukan upaya pengendalian kualitas sederhana, yaitu PT IMIT selalu melakukan pengecekan kualitas block marmer dari tambang, Bahan Baku Gergaji (BBG), dan Barang Jadi Akhir (BJA) marmer. Penelitian ini berisi tentang bagaimana pengendalian kualitas yang dilakukan oleh PT IMIT pada proses pemotongan menggunakan mesin cross cutting, proses tambal manual dan proses pengangkutan ke gudang untuk menanggulangi kecacatan produk pada saat proses produksi yang kemudian dilakukan pengukuran dan pembahasan penelitian dengan tahapan PDCA yang nantinya dapat diterapkan oleh perusahaan dalam melakukan seluruh aktivitas produksinya. Dengan dilakukannya pengendalian kualitas menggunakan metode statistik yang disertai dengan tahapan PDCA, perusahaan tidak hanya dapat mendeteksi kecacatan, tetapi juga dapat mencegah terjadinya kecacatan, serta dapat menjaga dan meningkatkan standar kualitas roduknya,sehingga diharapkan kecacatan tidak terjadi kembali atau dapat dikurangi, dan kalau bisa “zero defect”, dan pada akhirnya produksi yang dihasilkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen dan perusahaan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kualitas, Pengendalian Kualitas, PDCA, Produk Cacat.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 13 Mar 2013 01:40
Last Modified: 12 Aug 2014 03:29
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3196

Actions (login required)

View Item View Item