Nurrahman, Harahap, Mohammad Febrian (2017) Pengaruh Iklan Anti Rokok terhadap Perubahan Niat Merokok Pada Perokok Aktif. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
S_439_Abstrak.pdf Download (32kB) | Preview |
Abstract
Niat merokok merepresentasikan motivasi individu untuk merokok. Salah satu cara yang dianggap efektif mengatasi niat merokok adalah pemaparan iklan anti-rokok. Penelitian saat ini bertujuan untuk melihat pengaruh iklan anti-rokok terhadap niat merokok pada perokok aktif. Penelitian ini bersifat kuantitatif eksperimental dengan memberikan penayangan video iklan anti rokok. Subjek (N=20 orang) merupakan mahasiswa perokok aktif berusia 18-24 tahun. Hasil uji hipotesis paired sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan niat merokok yang signifikan (p<0,05) antara sebelum (M = 20,35; SD = 0,244) dan setelah (M = 13,85; SD = 0,549) responden dipaparkan pada iklan anti rokok. Perbedaan nilai rata-rata sebesar 6,5 menandakan bahwa penayangan iklan anti rokok dapat dikatakan berdampak besar terhadap penurunan niat merokok individu. Prinsip modeling dari teori belajar sosial dan teori teror management menjelaskan perubahan niat yang terjadi. Implikasi dari penelitian ini akan dibahas lebih lanjut.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Niat merokok, iklan anti rokok, teori belajar sosial, teror management theory. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 18 Apr 2018 08:48 |
Last Modified: | 18 Apr 2018 08:48 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32016 |
Actions (login required)
View Item |