Profil dan Proses Bisnis Ritel Online di Indonesia

., Gunawan (2009) Profil dan Proses Bisnis Ritel Online di Indonesia. Proceedings 5th National Industrial Engineering Conference 2009, 5. pp. 366-371. ISSN 1412-3525

[img]
Preview
PDF
2009_NIEC_gunawan.pdf

Download (329Kb) | Preview

Abstract

Makalah ini memaparkan profil ritel online di Indonesia dan proses bisnis yang dilakukan. Metode riset yang digunakan ialah email survey dan didukung dengan web content analysis. Web content analysis dilakukan pada 47 situs ritel online, yang berpartisipasi dalam email survey. Hasil analisis menunjukkan bahwa dua-pertiga dari ritel online beroperasi dengan tanpa adanya toko fisik, dan hampir semua ritel online masih berumur 5 tahun ke bawah. Proses bisnis ritel online menunjukkan bahwa selain shopping chart, metode pemesanan (ordering) menggunakan jalur-jalur komunikasi seperti email, SMS, telepon, dan juga Yahoo Messenger. Selanjutnya, metode pembayaran paling banyak dilakukan ialah transfer bank (BCA, Mandiri, BNI), lalu PayPal dan cash-on-delivery serta untuk pembayaran dari luar negeri dengan transfer lewat Western Union. Pengiriman menggunakan perusahaan jasa antar, dan berdasarkan urutan yang sering digunakan ialah TIKI JNE, TIKI, dan Pos Indonesia. Secara umum, hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa metode pemesanan dan pembayaran yang ada saat ini berbeda dengan praktik e-commerce yang terjadi di negara dengan lingkungan e-commerce yang lebih maju.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ritel online, Internet retail, e-commerce, Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Gunawan 6182
Date Deposited: 21 Feb 2013 05:41
Last Modified: 21 Feb 2013 05:41
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3214

Actions (login required)

View Item View Item