Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan Melalui Pelatihan Aspek Pemahaman Bacaan pada Siswa Kelas IV SD

Sari, Anggraeni Swastika and Pandjaitan, Lena Nessyana (2017) Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan Melalui Pelatihan Aspek Pemahaman Bacaan pada Siswa Kelas IV SD. In: PROSIDING TEMU ILMIAH X IKATAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN INDONESIA:Peran Psikologi Perkembangan dalam Penumbuhan Humanitas pada Era Digita. Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, pp. 146-153. ISBN 978-602-1145-49-4

[thumbnail of Lena-Prosiding IPPI.pdf]
Preview
PDF
Lena-Prosiding IPPI.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penanganan berupa pelatihan aspek pemahaman bacaan untuk meningkatkan kemampuan memahami bacaan pada siswa Sekolah Dasar. Pendekatan yang dilakukan adalah kuantitatif.Metode pengumpulan data tahap awal menggunakan observasi dan wawancara, sedangkan tahap asesmen menggunakan tes kecerdasan (CPM), tes kemampuan membaca dan pemahaman bacaan (sebagai pretest dan posttest). Kategori dalam penelitian ini adalah memiliki kecerdasan minimal rata-rata, lancar membaca, dan kemampuan memahami bacaan kurang. Subjek penelitian adalah 4 siswa diantaranya, 2 siswa cukup lancar membaca dan 2 siswa kurang lancar membaca. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dapat dikatakan, bahwa telah terjadi perubahan skor nilai memahami bacaan sebelum dan sesudah siswa mendapatkan pelatihan aspek pemahaman bacaan tersebut.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Pemahaman bacaan, Sekolah Dasar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Lena N. Panjaitan 5124
Date Deposited: 24 Apr 2018 14:42
Last Modified: 24 Mar 2021 15:47
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32160

Actions (login required)

View Item View Item