Analisis Semiotika Komunikasi Visual Iklan Minute Maid Pulpy Tahun 2008-2018

Sujatmiko , Guguh (2018) Analisis Semiotika Komunikasi Visual Iklan Minute Maid Pulpy Tahun 2008-2018. Jurnal Komunikatif, 7 (2). ISSN 97723016550055 (Submitted)

[img]
Preview
PDF
Guguh Sujatmiko UBAYA 2.pdf - Submitted Version

Download (931Kb) | Preview

Abstract

Minute Maid adalah lini produk minuman yang memproduksi brand minuman jus segar selama lebih dari 60 tahun. Minute Maid sendiri baru masuk ke Indonesia pada tahun 2008 dengan meluncurkan produk Minute Maid Pulpy rasa orange yang diproduksi PT. Coca-Cola Bottling Indonesia. Selama 10 tahun ini, Minute Maid semakin berkembang dengan adanya 5 produk, yaitu Pulpy, Fruit Bite, Homestyle, Refresh, dan Nutriboost. Selama 1 dekade ini pula, Minute Maid telah mengeluarkan berbagai jenis iklan setiap tahunnya dengan konsep yang berbeda untuk memasarkan produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis prinsip dasar, unsur visual, serta makna yang terkandung dalam iklan Minute Maid Pulpy. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan teori analisis tujuan (AIDDA), analisis visual dengan teori layout menurut Frank Jefkins, dan meminjam teori semiotik Pierce dan Roland barthes dalam memaknai tanda. Hasil penelitian menunjukkan Kata kunci: iklan, komunikasi, visual, tanda, semiotic.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BH Aesthetics
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Creative Industry > Department of Product Design and Management
Depositing User: GUGUH SUJATMIKO
Date Deposited: 15 May 2018 04:26
Last Modified: 15 May 2018 04:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32310

Actions (login required)

View Item View Item