Pembuatan Sistem Informasi Administrasi Pelayanan Terpadu pada Kantor Pos X Surabaya Selatan

Wijaya, Christanto (2007) Pembuatan Sistem Informasi Administrasi Pelayanan Terpadu pada Kantor Pos X Surabaya Selatan. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TI_877_Abstrak.pdf

Download (30Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137070

Abstract

Kantor pos adalah suatu perusahaan milik negara yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Kantor pos mempunyai peranan yang besar, karena adanya kantor pos dapat mempermudah banyak kegiatan masyarakat yang membutuhkan jasa dari kantor pos ini. Salah satu contoh jasa kantor pos yang dapat dinikmati oleh masyarakat adalah jasa pengiriman barang untuk tujuan dalam negeri dan luar negeri, baik itu dalam bentuk surat, uang/wesel maupun barang. Tidak hanya jasa pengiriman saja yang dapat dilayani oleh kantor pos. Berbagai macam kegiatan lain seperti penjualan perangko, materai, serta penjualan benda–benda pos lainnya juga dapat dilayani oleh kantor pos. Pada PT.kantor Pos ‘X’ saat ini terdapat sistem pembelian, sistem penjualan, sistem stok benda pos, sistem retur pembelian ,sistem registrasi pelanggan dan sistem transaksi loket. Di bagian sistem pembelian dan penjualan sering terjadi mengenai persediaan benda pos yang hampir habis tidak dilaporkan, sehingga terjadi kehabisan stok benda pos. Di bagian sistem stok benda pos membutuhkan waktu yang lama untuk mengecek stok benda pos di gudang apabila terjadi transaksi pembelian atau penjualan. Di bagian sistem retur pembelian sering kali proses rubah, terlambat dilakukan secara langsung ketika terjadi retur pembelian. Di bagian sistem transaksi loket jika seseorang hendak mengirimkan banyak barang atau dokumen proses pencatatan dilakukan berulang-ulang sehingga pelanggan lain yang hendak mengirimkan barang atau dokumen harus mengantri lebih lama. Evaluasi terhadap aplikasi sistem informasi dilakukan dua tahap. Tahap pertama adalah verifikasi, yaitu dengan dengan menguji aplikasi dengan melakukan uji coba. Tahap kedua adalah adalah validasi, yaitu dengan melakukan wawancara dengan user. Hasil dari evaluasi menyatakan bahwa aplikasi sistem informasi mampu membantu administrasi pelayanan kantor pos ‘x’ dalam menjalankan proses-proses dengan benar.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 11 May 2018 10:22
Last Modified: 11 May 2018 10:22
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32323

Actions (login required)

View Item View Item