Analisis Pengaruh Product Positioning Terhadap Brand Image dari Sepeda Motor Honda Karisma di Surabaya

Harsono, Dicky (2005) Analisis Pengaruh Product Positioning Terhadap Brand Image dari Sepeda Motor Honda Karisma di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2486_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2486_Abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135457

Abstract

Menghadapi persaingan yang ketat, perusahaan perlu untuk melakukan aksi yang lebih jauh agar tetap eksis. Pada saat ini banyak merek-merek sepeda motor yang memasuki pasar. Honda, sebagai merek sepeda motor yang sudah lama bertahan di Indonesia harus mempertahankan segmen pasar yang telah diperolehnya. Oleh karena itu PT. Astra International sebagai pemasar produk Honda perlu untuk menyusun posisi produk berdasarkan kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga konsumen dapat membedakan produk-produk di pasar dan mengingatnya. Kemampuan perusahaan dalam memposisikan produknya di pikiran konsumen adalah salah satu kunci sukses pemasaran produk. Sepeda motor yang diteliti adalah Honda Karisma karena merupakan sepeda motor baru Honda yang volume mesinnya 125 cc untuk kategori Honda Karisma yang bermesin 4 tak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara product positioning dengan brand image dari Honda Karisma dan juga mengetahui brand image Honda Karisma di Surabaya. Variabel yang digunakan pada penelitian ini ada dua yaitu variabel independen dan dependen. Variabel independen meliputi positioning on features, positioning on users, positioning on benefits dan positioning against competitors. Variabel dependen adalahfavorability of brand association, strength of brand association, dan Uniqueness of brand association. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dengan membagi kuesioner kepada 100 orang responden. Karakteristik populasi adalah pria maupun wanita, berumur 17-60 tahun, tinggal di Surabaya dan menggunakan Honda Karisma. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi kanonikal untuk mengetahui adanya korelasi antara positioning dengan brand image dan mengetahui besarnya korelasi variabel positioning terhadap brand imagenya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 24 May 2018 08:10
Last Modified: 24 May 2018 08:10
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32418

Actions (login required)

View Item View Item