., Imelda (2004) Perancangan Strategi Pemasaran untuk Peningkatan Volume Penjualan Produk Body Cover di CV. Aneka Motor, Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2192_Abstrak.pdf Download (72kB) | Preview |
Abstract
Banyaknya bidang usaba yang berkembang saat ini menyebabkan persaingan untuk usaha sejenis semakin ketat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya produk yang bermunculan di pasar. Kondisi yang demikian menyebabkan timbulnya persaingan sehingga konsumen dituntut untuk lebih selektif dalam memilih produk yang akan mereka beli. Seperti halnya dengan produk body cover, konsumen berbak untuk memilih produk body cover produksi perusabaan tertentu. Dalam keadaan persaingan yang semakin ketat seperti saat ini, setiap pemsahaan dituntut untuk mengerti dan berusaba mengidentifikasikan keinginan dan harapan konsumen body cover guna memuaskan konsumennya Perusahaan Aneka Motor yang memproduksi body cover saat ini berusaha meningkatkan volume penjualannya, sehingga dibutuhkan suatu penelitian untuk mengetahui tentang hal-hal apa yang diharapkan dalam memilih produk body cover serta sampai sejaub mana kepuasan konsumen terltadap produk body cover selama ini. Untuk kemudian dibuat strategi pemasaran yang tepat bagi perusabaan Pada penelitian ini, sampel yang diambil adalah agenlpemilik toko (responden yang menjual body cover) dan konsumen pemakai (responden yang paemah membeli body cover). Sampel diambil dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen untuk mengetahui Jatar belakang, tingkat persepsi dan tingkat harapan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mengetahui masing-masing karakteristik konsumen secara umwn. Dari basil pengolahan data dengan metode crosstab dapat diketahui Jatar belakang tiap kelompok agenlpemilik toko dan konsumen pemakai. Y aitu umwnnya melaknkan pemesanan (agen/pemilik toko) dan alasan membeli serta darimana mengenal produk (konsumen pemakai). Selain itu dilaknkan analisis manova untuk mengetahui perbedaan mean persepsi dan harapan untuk konsumen. Dari plot tingkat persepsi dan tingkat ekspektasi dapat dilihat bahwa konsumen secara keseluruhan belum merasa puas terltadap variabel yang ada Dan analisis kuadaran untuk mengetahui variabel mana yang merupakan kelemahan dan kekuatan dari produk body cover "F-1". Variabel-variabel yang menjadi kelemahan agen/pemilik toko adalah produk yang ditawarkan tidak selalu ada, tidak ada jaminan untuk mengemhalikan produk yang cacat, tidak ada jaminan kondisi produk yang dikirim selalu baik, penyampaian informasi produk bam, kualitas produk teljamin, kualitas packaging memenuhi standart, tidak ada diskon jika membeli melampaui jwnlah tertentu dan hila pesanan terlambat datang, sedangkan variabel-variabel yang menjadi kelemahan konsumen pemakai adalah desain kemasan tidak menarik, penjual tidak memahami produk, harga teljangkau dan diskon jika membeli dalam jumlah tertentu. Hal inilah yang dijadikan prioritas untuk menentukan stretegi pemasaran dengan berusaba melaknkan perbaikan pada variabel-variabel tersebut. Dari basil penelitian, perusahaan harus lebih memperhatikan agen dengan frekuensi pemesanan < 6 kali, karena mereka memesan sendiri melalui telepon (63.3%), sehingga ada kem,mgkinan untuk ditarik menjadi agen dengan frekuensi pemesanan > 6 kali sebulan. Bauran pemasaran yang dapat dilaknkan CV. Aneka Motor adalah mendesain kemasan semenarik mungkin, menjalin hubungan baik dengan agen, menjaga ketersediaan produk, informasi produk bam, garansi produk dan adanya diskon (mean: 4.a30)
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 25 May 2018 06:26 |
Last Modified: | 25 May 2018 06:26 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32425 |
Actions (login required)
View Item |