Studi Konservasi Energi Dengan BIPV (Building Integrated Photovoltaic) Pada Bangunan Perpustakaan Universitas Surabaya

Andriansyah, Okky (2017) Studi Konservasi Energi Dengan BIPV (Building Integrated Photovoltaic) Pada Bangunan Perpustakaan Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TE_395_Abstrak.pdf

Download (30Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/249045

Abstract

Building integrated photovoltaic adalah topik penelitian yang muncul untuk mengoptimalkan penggantian komponen bangunan menggunakan modul photovoltaic. Tugas akhir ini bertujuan untuk mempelajari potensi aplikasi building integrated photovoltaic pada atap perpustakaan Universitas Surabaya di Surabaya, Indonesia. Sebelum mewujudkan BIPV yang sebenarnya, dibutuhkan studi konservasi energi terlebih dahulu dengan cara melakukan simulasi menggunakan software. Studi konservasi energi dilakukan dengan cara mencari potensi energi matahari di lingkungan Universitas Surabaya, kebutuhan listrik di perpustakaan Universitas Surabaya dan energi yang dihasilkan pada sistem building integrated photovoltaic. Mencari potensi energi matahari dilakukan dengan cara pengukuran radiasi matahari secara langsung dan simulasi. Kebutuhan listrik di perpustakaan Universitas Surabaya akan dilakukan secara pendataan alat-alat listrik yang ada di perpustakaan. Software yang dipakai untuk membuat sistem building integrated photovoltaic adalah SketchUp dan skelion. Tugas akhir ini juga melakukan analisa ekonomi pada penggunaan building integrated photovoltaic pada atap perpustakaan Universitas Surabaya serta reduksi karbon (CO2). Simpulan pada pengerjaan tugas akhir ini bahwa penggunaan sistem BIPV pada atap perpustakaan Universitas Surabaya bisa memenuhi kebutuhan energi listrik tanpa air conditioner di perpustakaan Universitas Surabaya dan investasi awal yang diperlukan untuk melakukan sistem BIPV ini sebesar Rp 1.944.992.700,-.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Energi surya, photovoltaic, Building Integrated Photovoltaic (BIPV), perpustakaan Universitas Surabaya, skelion.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 25 May 2018 07:01
Last Modified: 25 May 2018 07:01
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32428

Actions (login required)

View Item View Item