Perbaikan Kualitas Produksi Karton Box di PT. Surindo Teguh Gemilang

Wiyanto, Suhartono (2004) Perbaikan Kualitas Produksi Karton Box di PT. Surindo Teguh Gemilang. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TM_2199_Abstrak.pdf

Download (66Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135698

Abstract

PT. Surindo Teguh Gemilang adalah perusahaan yang mcmproduksi karton box dan sheet. Selama ini perscntasc cacat yang tcrjadi pada produk karton box masih relatif tinggi. Hal ini disebabkan tidak dikctahui sccara pasti faktor-faktor penyebab cacal yang terjadi karena perusahaan bclum mempunyai metode pengendalian kualitas yang baik. Dengan adanya masalah terscbut diperlukan usaha pengendalian kualitas dengan menggunakan suatu metode yang cocok. Untuk mengendalikan jumlah cacat yang terjadi dilakukan dengan menggunakan alat-alat evaluasi mutu, yaitudiagram pareto untuk menentukan prioritas jenis cacat yang akan dikendalikan, pembuatan peta kontrol untuk mengurangi variabilitas yang terjadi dalam proses, diagram Ishikawa untuk mcncari sebab terjadinya jenis cacat sehingga dapat dilakukan perbaikan. Hasil rancangan perbaikan kemudian diimplementasikan. Proses produksi karton box secara umum terdiri dari 3 departemen yaitu departemen corrugating yang memproses kertas karton menjadi lembaran sheet, kemudian departcmen converting yang memproses pencetakan gambar!printing, proses pembuatan lckukan dan proses bclahanlslottering scrta departemcn pembuatan box yang memproses penggabungan sampai menjadi suatu produk karton box yang siap dipasarkan. Jenis cacat pada departemen corrugating berupa cacat sheet terkelupas dan cacat sheet mengkerut, pada departemen converting berupa cacat sobek, cacat pemotongan slot dan cacat gambar, sedangkan pada departemen pembuatan box berupa cacat stitching. Dari hasil pengamatan awal didapatkan persentase produk yang cacat pada departemen corrugating sebesar 0,691 %, pada departemen converting sebcsar 1,067% dan pada departemen pembuatan box sebesar 0,275% selama proses produk.si berlangsung. Berbagai usaha perbaikan dirancang seperti penggunaan sikat plastik untuk. membersihkan dasar bak penampungan !em, membersihkan rol perekat pada mesin corrugating setiap selesai produksi, membersihkan bearing dan mcmberi pelumas pada rol pemutar kertas bagian atas, pemasangan penyedot debu pada mcsin corrugating, pengecekan ketebalan dan kebersihan karet cetakan secara berkala, pemasangan sikat halus pada bagian atas landasan masuk mesin converting. pengaturan ketepatan jarak antar pisau potong, pembuatan kursi kayu untuk membantu operator mesin stitching, scrta pembersihan dan perawatan mcsin stitching. Setelah dilakukan usaha perbaikan (implementasi), diperoleh hasil adanya penurunan persentase cacat pada masing-masing departemen yaitu : pada departemen corrugating dari 0,691% menjadi 0,322%, departemen converting dari I ,067% menjadi 0,411%, dan departemen pembuatan box dari 0,275% menjadi 0,144%. Begitu juga dengan biaya kualitas terlihat adanya penurunan biaya sctelah dilakukan perbaikan yaitu biaya kualitas awal yang terjadi adalah Rp 3.655.168 menjadi Rp 2.130.120. Dengan demikian terjadi penghematan bagi perusahaan sebesar Rp 1.525.048.-selama penelitian berlangsung.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 28 May 2018 01:18
Last Modified: 28 May 2018 01:21
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32446

Actions (login required)

View Item View Item