Analisis Ekuitas Merek Pada Universitas Surabaya

Honggo K., Telogo Muliono (1999) Analisis Ekuitas Merek Pada Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231088

Abstract

Dengan semakin ketatnya persaingan antar universitas maka setiap universitas diharapkan mampu menghadirkan proses transformasi kepribadian dan keahlian. Persaingan saat ini mengalami suatu perubahan, bila dulu menitik beratkan pada kebutuhan dan keinginan para konsumen, sekarang mengacu pada penciptaan asosiasi yang berkaitan erat dengan kesadaran merek dan persepsi kualitas dan bagaimana mempertahankannya. Oleh karena itu penting artinya jika Ubaya sebagai merek universitas dijadikan aset tidak berwujud. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : mengetahui kesadaran merek mahasiswa terhadap Universitas Surabaya, mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kualitas Universitas Surabaya, mengetahui asosiasi mahasiswa terhadap nama Universitas Surabaya serta mengetahui posisi merek: Universitas Surabaya yang ada di benak mahasiswa. Dari bahan informasi yang didapatkan dapat dijadikan pertimbangan oleh pihak Ubaya dalam penyusunan strategi pemasarannya. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden mahasiswa Universitas Surabaya Tenggilis. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mengetahui karakteristik konsumen secara umum. Analisis faktor untuk mengelompokkan variabel-variabel brand association kedalam 5 kelompok. Analisis cluster untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan rata-rata 5 faktor yang terbentuk sebelumnya. Analisis diskriminan untuk menentukan jumlah cluster yang optimal. Analisis Manova untuk membedakan 5 faktor pembentuk cluster. Analisis ketergantungan untuk mengetahui karakteristik masing-masing cluster. Selain itu juga dilakukan analisis gap 5 untuk masing-masing cluster dengan menggunakan acuan variabel-variabel dan 5 Dimensions of Service Quality. Berdasarkan analisis data diketahui responden terbagi menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 mempunyai tingkat asosiasi yang lebih kuat dibandingkan dengan kelompok kedua. Pada kelompok ini menyatakan bahwa Universitas Surabaya sebagai Top of Mind Awareness. Untuk bagian perceived quality menurut 5 dimensi service quality tingkat ekspektasi responden rata-rata lebih tinggi daripada tingkat persepsinya. Dimana selisih terbesar antara persepsi dan ekspektasi responden terdapat pada dimensi responsiveness dan selisih terkecilnya pada dimensi reliability. Berdasarkan analisis multidimensional scaling maka Universitas Surabaya dalam pandangan responden sangat baik dalam kualitas dan pergaulan namun tidak baik dalam hal fasilitas dan biaya. Kelompok 2 mempunyai tingkat asosiasi yang lebih lemah daripada kelompok pertama. Pada kelompok ini juga menyatakan bahwa Universitas Surabaya sebagai Top of Mind Awareness. Untuk bagian perceived quality menurut 5 dimensi service quality tingkat ekspektasi responden rata-rata lebih tinggi daripada tingkat persepsinya. Dimana selisih terbesar antara persepsi dan ekspektasi responden terdapat pada dimensi tangibles dan selisih terkecilnya pada dimensi reliability. Berdasarkan analisis multidimensional scaling maka Universitas Surabaya dalam pandangan responden sangat baik dalam kualitas dan pergaulan namun tidak baik dalam hal lokasi dan bjaya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 22 Feb 2013 10:00
Last Modified: 22 Feb 2013 10:00
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3245

Actions (login required)

View Item View Item