Perancangan Strategi Pemasaran untuk Second Brand SHINE di PT Tjakrindo Mas Surabaya

Juda, Marcell Suryansjah (2017) Perancangan Strategi Pemasaran untuk Second Brand SHINE di PT Tjakrindo Mas Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_4009_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_4009_Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/247983

Abstract

PT. Tjakrindo Mas ini telah berdiri pada tahun 1984, PT. Tjakrindo Mas adalah perusahaan manufacture di bidang bahan bangunan dan perlengkapan kantor, produk yang diproduksi terdiri dari office furnitures, office equipment, pintu baja, pipa PVC, pile beton, kayu furniture. Perusahaan ini sudah tersertifikasi ISO 9002. Semakin menigkatnya pembangunan kantor di wilayah Surabaya merupakan sebuah peluang yang cukup baik dan ingin dimanfaatkan PT. Tjakrindo Mas. Tetapi tidak hanya PT. Tjakrindo Mas yang melihat peluang tersebut tetapi perusahaan lain juga melihat peluang yang dapat meningkatkan penjualanya, dalam hal ini untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain dan meningkatkan penjualan diperlukan beberapa penelitian untuk merumuskan strategi yang akan diluncurkan. Dalam hal ini diperlukan teknologi yang cukup baik dalam teknologi mesin produksi agar dapat memenuhi permintaan dari konsumen dalam waktu yang singkat dan mengurangi produk cacat yang dihasilkan agar tidak merugikan perusahaan. Teknologi informasi juga diperlukan dalam hal ini guna untuk mempermudah konsumen untuk menghubungi PT. Tjankrindo Mas ataupun untuk melakukan pemesanan produk office equipment. Untuk mendapatkan data-data yang diinginkan PT. Tjakrindo Mas dilakukan penyebaran kuesioner, dari hasil kuesioner tersebut digunakan untuk uji data statistik dengan menggunakan SPSS. Dari hasil pengujian SPSS didapatkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan data dari tingkat kenyataan konsumen dengan data tingkat harapan yang diinginkan konsumen, Selain menganalisis dengan SPSS juga dilakukan analisis SWOT, strategi 4P dan perilaku konsumen untuk membuat strategi pemasaran. Dari hasil analisis data yang telah dikumpulkan didapatkan bahwa kriteria product, price, process, brand element merupakan kriteria yang harus di tingkatkan atau mengusulkan strategi baru. Perancangan strategi pemasaran juga dibagi berdasarkan kriteria untuk kategori product dengan mengusulkan lemari susun plastik untuk trobosan terbaru dari PT. Tjakrindo Mas dan merek “SHINE”, memberikan ruangan untuk konsumen yang ingin melihat atau mengambil produk sendiri, dan menggunakan packaging kayu untuk menjaga product dari cacat. Untuk kriteria price dengan melakukan produk bundle price untuk produk yang kurang laku dan pemberian diskon jika konsumen membeli dalam jumlah kuantiti yang cukup banyak. Untuk kategori process dengan menggunakan jasa armada outsourcing agar pengiriman dapat tepat waktu dan meningkatkan sistem informasi dalam perusahaan agar stock barang tidak kehabisan. Untuk kriteria brand element dengan memastikan salesman memberikan nomor kepada distributor untk dapat dihubungi, memberikan usulan simbol dan brosur untuk memberikan informasi yang mudah kepada konsumen. Melakukan analisis brand element juga dilakukan dikarenakan produk “SHINE” dikatakan masih terbilang baru hal ini dilakukan agar dapat mengenalkan produk kepada konsumen dan dapat diingat oleh konsumen. Hal ini juga dirumuskan berdasarkan hasil kuesioner yang telah disebarkan guna untuk mendapatkankan hasil yang baik dan relevan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: SWOT, strategi pemasaran, strategi 4P, analisis brand element
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 28 May 2018 07:17
Last Modified: 28 May 2018 07:17
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32456

Actions (login required)

View Item View Item