Studi Kelayakan Pendirian Game Center di Surabaya, Jawa Timur

Subianto, Yusak Ari (2017) Studi Kelayakan Pendirian Game Center di Surabaya, Jawa Timur. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_4010_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_4010_Abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/247990

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman saat ini teknologi berkembang dengan sangat cepat. Hal ini diikuti dengan perkembangan teknologi informasi yang dapat memudahkan manusia untuk berinteraksi satu dengan yang lain. Teknologi informasi yang sangat berkembang saat ini adalah internet. Seiring perkembangan internet, kemampuan mentransfer data juga semakin cepat sehingga dapat dimanfaatkan untuk bermain game online.Saat ini mulai dari anak-anak sampai orang dewasa menyukai gameuntuk sekedar menghabiskan waktu atau sekedar refreshing. Perkembangan game onlinesendiri cukup pesat terbukti dengan dirilisnya beberapa game onlinebaru seperti Closers online Indonesia,Kingdom Under Fire,Tree of Savior, dan lain-lain pada tahun 2016 ini. Ditambah lagi beberapa game FPS dan MMORPG terbaru di pertengahan tahun 2015 seperti Black SquadIndonesia, Final BulletIndonesia, Echo of SoulIndonesia, dan masih banyak lainnya.Melihat peluang dari minat masyarakat akan game, maka penelitian ini dilakukan untuk menghitung peluang pendirian usaha Game center. Penambahan fasilitas café,spesifikasi komputer, jaringan internet, ruangan yang nyaman serta toilet disediakan agar customersemakin betah dan nyaman bermain gamedi tempat yang akan dibuat ini.Untuk perencanaan usaha ini, maka ditetapkan horizon perencanaan ialah 5 tahun dan akan ditinjau dari aspek pasar, aspek teknis, aspek manajemen serta aspek keuangan untuk menentukan apakah usaha ini layak atau tidak.Target utama dari Game Centerini adalah siswa dan mahasiswa di Surabaya Timur lebih tepatnya di daerah Pakuwon City karena pendirian usaha ini sendiri nantinya akan berlokasi di pertokoan Park Way, Pakuwon City, Surabaya Timur. Pada aspek pasar dilakukan penghitungan pasar potensial, pasar potensial efektif sertapermintaan efektif dari usaha Game Centerini. Sehingga dapat diketahui bahwa permintaan efektif usaha ini cukup besar dan mengikuti tren naik selama horizon perencanaan usaha. Kemudian dari aspek teknis didapatkan penentuan lokasi usaha serta perancangan desain dari Game centerserta beberapa fasilitas yang disediakan oleh Game center.Pada aspek manajemen diperoleh struktur organisasi dariGame center, dijabarkan juga job descriptiondan job specificationserta perekrutan tenaga kerja, jam kerja dari tenaga kerja. Sedangkan pada aspek keuangan dilakukan perhitungan Total Project cost, BEP dan penyusunan laporan keuangan. Kemudian mengevaluasi nilai NPV yang bernilai positif sejumlah Rp921,439,972.18,Discounted Payback Perioddengan waktu pengembalian 45bulan dan IRR sebesar 28% lebih besar dari MARR 16,563%. Besarnya modal untuk menjalankan usaha ini sebear Rp. 3.175.542.500 dimana Rp. 175.542.500 akan diambil dari modal sendiri dan Rp. 3.000.000.000 berasal dari pinjaman bank. Dari penghitungan NPV, IRR dan DPP dapat disimpulkan dari analisis keuangan bahwa usaha ini layak untuk dijalankan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Game center, game online, internet
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 28 May 2018 07:30
Last Modified: 28 May 2018 07:30
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32457

Actions (login required)

View Item View Item