., Andre (2006) Pembuatan Aplikasi Permainan Pursuit Of Happiness. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TI_700_Abstrak.pdf Download (63kB) | Preview |
Abstract
Tugas Akhir ini berkaitan dengan pembuatan permainan Pursuit of Happiness yang betjenis boardgame berbasis komputer. Kebahagiaan seringkali menunjukkan sukses seseorang dalam hidup ini. Sukses adalah apabila seseorang telah memenuhi keadaan-keadaan ini: kaya secara materi, sehat, damai di dalam batin dan pikiran dan memiliki hubungan yang harmonis dengan sesama dan terutama sekali di dalam keluarga dan pasangan. Bila seseorang bisa memenuhi keempat hal ini, maka orang tersebut bisa dikatakan orang yang sukses lahir dan batin. Namun tidak sedikit di antara manusia tersebut yang tidak mengerti bagaimana untuk mencapai sukses lahir dan batin tersebut. Biasanya manusia tidak bisa melihat hidup secara penuh. Banyak orang beranggapan bahwa tujuan hidup ini hanya dapat diperoleh melalui materi. Sehingga mereka hanya melakukan aktifitas yang bersifat materi saja. Padahal untuk memperoleh kebahagiaan hidup secara penuh, manusia tidak boleh memandang dari salah satu segi saja. Ak:ibatnya manusia menjadi tidak berbahagia. Dengan adanya permasalahan di atas, dan juga untuk membantu memberikan gambaran dan simulasi bagaimana seharusnya manusia melakukan aktifitasnya untuk memperoleh kebahagiaan, maka akan dibuat sebuah permainan yang bemama Pursuit of Happiness. Tahap-tahap yang dilakukan untuk pembuatan permainan ini dimulai dengan analisis permainan berjenis boardgame yang ada saat ini baik yang berbasis manual maupun berbasis komputer. Setelah analisis selesai dilakukan, maka dibuatlah perancangan permainan Pursuit of Happiness ini. Kemudian pembuatan permainan ini diimplementasikan dengan memakai Macromedia Director MX dan Macromedia Flash MX. Setelah permainan ini diujicobakan ke beberapa kalangan maka· dapat diambil kesimpulan bahwa dengan adanya permainan Pursuit of Happiness ini, orang merasa terbantu untuk mensimulasikan aktifitaslkegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kebahagiaan hidupnya. Orang tersebut dapat merencanakan dan mengevaluasi kegiatan apa saja yang dapat meningkatkan kebahagiaan hidupnya. Selain itu permainan ini juga menunjukkan bahwa kebahagiaan harus dijaga untuk tetap seimbang.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 05:31 |
Last Modified: | 05 Jun 2018 05:31 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32501 |
Actions (login required)
View Item |