Lisana, Lisana (2018) Pembuatan Aplikasi Multimedia 2D Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Fluida Dinamis. Journal on Information Systems, Technology of Information and Communications (JoISTIC), 1 (1). pp. 25-35. ISSN 2165-837x
PDF
2018-Joistic-Lisana_Rev.pdf Download (2MB) |
Abstract
Data menunjukkan bahwa terjadi penurunan nilai rata-rata Ujian Nasional (UN) Fisika siswa SMA jurusan IPA di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Pembelajaran Fisika di SMA saat ini masih banyak yang masih menggunakan media buku (textbook). Hal ini mengakibatkan materi yang diterangkan terkadang kurang bisa dipahami oleh siswa karena sering kali guru menjelaskan tanpa ada contoh konkretnya. Salah satu materi yang mempunyai banyak rumus dan membutuhkan simulasi adalah materi Fluida Dinamis. Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini membuat multimedia menjadi salah satu media yang sangat penting untuk bisa diterapkan di bidang pengajaran. Aplikasi berisi 6 materi yaitu Fluida Dinamis, Debit Aliran, Persamaan Kontinuitas, Hukum Bernoulli, Torricelli, dan Pesawat Terbang. Semua pembahasan dilengkapi dengan animasi teori, rumus, dan soal. Selain itu juga terdapat simulasi yang bersifat interaktif dari tiap materi. Aplikasi juga menyediakan game untuk lebih membuat siswa tertarik. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa aplikasi bisa dijadikan media alternative untuk pembelajaran Fisika khususnya materi Fluida Dinamis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aplikasi multimedia, Fisika, Fluida Dinamis |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Information Technology |
Depositing User: | Lisana 6196 |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 06:16 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 05:27 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32529 |
Actions (login required)
View Item |