Implementasi 5R di Biro Administrasi Umum Universitas Surabaya Bagian Invetaris

Setiyono, Fery Rizal (2003) Implementasi 5R di Biro Administrasi Umum Universitas Surabaya Bagian Invetaris. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2059_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2059_Abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135755

Abstract

Jumlah Perguruan Tinggi yang cukup banyak di Indonesia membuat persaingan yang sangat ketat dalam hal mutu atau kualitas pendidikan dan pelayanannya. Oleh karena itu Universitas Surabaya ( UBAYA) sebagai salah satu Universitas terkemuka di Surabaya, dimana sekarang berkembang menjadi universitas yang besar yang berorientasi global berusaha untuk terus meningkatkan mutunya. •Biro Administrasi Urn urn merupakan salah satu biro yang menunjang atau membantu proses akademik dan administrasi UBAYA. Biro Administrasi Umum terdiri dari beberapa bagian yang bertanggung jawab pada aktivitas yang berbeda yang kaitannya dengan fasilitas yang ada di UBAYA, salah satu bagiannya adalah bagian inventaris yang ruang lingkup tugasnya adalah pengadaan dan perawatan barang inventaris. Untuk meningkatkan mutu layanan bagian Inventaris, petlu dilakukan penataan lingkungan kerja yang saat ini masih terdapat beberapa kekurangan dimana kondisi lingkungan kerja karyawan kurang memadai dalam arti kondisi lingkungan kerja yang masih belum baik, misalkan letak fasilitas kerja seperti meja. yang tidak teratur, sistem penyimpanan arsip dan peralatan kerja yang tidak baik yang berakibat menghambat pencapaian alur informasi yang dibutuhkan dalam kerja, padabal lingkungan tempat kerja ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi faktor manusianya. Oleh karena itu, diperlukan program 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) untuk proses perbaikan lingkungan kerja bagian Inventaris. Langkah-langkah awal yang dilakukan adalah temu karya yang diadakan di kampus III Ubaya di Trawas dan sosialisasi program SR. Pada awalnya Terdapat beberapa karyawan •yang tidak paham dan acuh terhadap 5R karena dianggap akan menambah beban kerjanya. Setelah proses pengenalan 5R, dilakukan pengukuran utilitas kerja awal karyawan Inventaris, dan implementasi program 5R. Tahap pertama dilakukan proses pemilahan barang-barang, setelah itu dilanjutkan tahap penetaan. Pada tabap ini beberapa karyawan yang semula acuh mulai memahami dan ikut serta aktif pada setiap proses. Tabap Berikutnya Pembersihan dan dilanjutkan dengan tahap Perawatan. Disini diberikan form rawat yang digunakan untuk menilai lingkungan kerja masing-masing sehingga apabila ada kekurangan dapat segera di benahi. Tahap terakbir dari 5R ini adalah tabap Rajin. Pada Tahap ini dilakukan audit 5R di bagian lnventaris. Dilakukan juga pengukuran utilitas kerja akhir karyawan Inventaris, penyebaran kuisioner, kesimpulan dan saran.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 08 Jun 2018 07:20
Last Modified: 08 Jun 2018 07:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32533

Actions (login required)

View Item View Item