Handoko, Novita (2003) Analisis Ekuitas Merek pada Kartu GSM Prabayar di Malang, Jawa Timur. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_1924_Abstrak.pdf Download (74kB) | Preview |
Abstract
Penggunaan ponsel di Indonesia meningkat dengan pesat. Pertumbuhan ponsel yang pesat ini menjadi laban yang subur bagi operatomya. Oleh karena itu, kini semakin banyak operator yang bermunculan. Di Jawa Timur pada awalnya pada awalnya hanya ada Telkomsel, menyusul Satelindo dan Excelcomindo, kini bertambab dua operator lagi yaitu Lippo Telecom dan Indosat. Malang diambil sebagai ternpat dilakukannya penelitian karena Malang merupakan salab satu kota paling besar di Jawa Timur dan dalarn segi pengeluaran perkapita, Malang termasuk yang paling tinggi di Jawa Timur. Jumlab operator yang masuk ke Malang pun semakin banyak. Dengan semakin banyaknya jumlab operator ini maka persaingan pun akan semakin ketat diantara operator-operator ponsel ini. Untuk dapat menarik konsumen maka operator hams mernpunyai nilai tambah, salab satunya adalab ekuitas merek. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk menjawab hal tersebut. Dengan penelitian ini dapat diketahni posisi merek dari masing-masing kartu prabayar sehingga dapat ditindaklanjuti dengan strategi yang tepat. Populasi penelitian ini adalab masyarakat Malang yang berusia lebih dari 13 tabun. Responden akan dibagi dalam dua cluster yaitu pengguna ponsel dan calon pengguna ponsel. Teknik sampling yang digunakan adalab purposive sampling. Data diperoleh dari basil pengisian kuesioner. Setelab data dikumpulkan, kuesioner diuji validitas dan reliabilitasnya. Setelab valid dan reliabel kernudian dilakukan analisis deskriptif, analisis ketergantungan, ANOVA, pernbuatan scorecard eknitas merek dan analisis posisi merek dengan menggunakan metode Multidimensional Scaling. Kesadaran merek Simpati sangat tinggi dan berada di tiugkat top of mind sedangkan Mentari dan Pro XL berada pada tingkat pengingatan kembali tanpa bantuan (unaided brand recall). Kesan kualitas Simpati dominan padajangkauan luas, sinyal kuat dan harga tetjangkau. Kesan kualitas Mentari dominan pada bebas roaming dan kesan kualitas Pro XL dominan pada perhatian perusabaan baik terhadap pelanggan dan SMS sampai tepat waktu. Simpati diasosiasikan sebagai kartu dengan jangkauan terluas, kartu paling terkenal, kartu paling bergengsi dan kartu dengan sinyal paling kuat. Yang paling diingat dari Mentari adalab bebas roaming sedangkan Pro XL diasosiasikan sebagai kartu eksekutif. Loyalitas merek Simpati dominan pada tingkatan kebiasaan sementara Mentari dan Pro XL dominan pada tingkatan biaya peralihan. Dalarn hal posisi merek, Simpati unggul dalam segi jangkauan dan kualitas, Mentari unggul dalarn segi biaya dan Pro XL unggul dalam segi fasilitas. Secara umum, eknitas merek Simpati tinggi (skor 2,66) sernentara eknitas merek Mentari dan Pro XL cukup/sedang (skor 1,98 untuk Mentari dan 2,14 untuk Pro XL). Brand share Simpati diprediksikan akan meningkat (48,875% ~ 59,349%), begitu pula dengan Mentari (15,625% ~ 16,26%). Sedangkan brand share Pro XL diprediksikan akan menurun (15,625% ~ 10,163%). Strategi yang dianjurkan bagi Simpati adalab terns mernelihara eknitas mereknya. Sernentara Mentari dianjurkan untuk meningkatkan kesan kualitasnya, terutama pada kesan kualitas jangkauan luas. Untuk Pro XL dianjurkan lebih aktif lagi dalam mernpromosikan keunggulan kompetitifuya. Dianjurkan juga bagi Simpati, Mentari dan Pro XL untuk mernpunyai melaknkan strategi STPD agar usaba pernasaran lebih terarab dan terfokus.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 09:12 |
Last Modified: | 28 Jun 2018 09:12 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32591 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |