Media Promosi Produk Kreatif Dengan Media Digital

Herdiana, Wyna (2018) Media Promosi Produk Kreatif Dengan Media Digital. Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. ISSN 2621-0428

[thumbnail of Media Promosi Produk Kreatif dengan Media Digital_Wyna Herdiana.pdf]
Preview
PDF
Media Promosi Produk Kreatif dengan Media Digital_Wyna Herdiana.pdf

Download (246kB) | Preview
Official URL / DOI: http://www.stmikpontianak.ac.id/sensitek/sensitek/

Abstract

Saat ini pemerintah berupaya untuk melakukan sinergi dan membuka peluang bagi setiap elemen masyarakat yang memiliki potensi dan kreatifitas yang bernilai ekonomi, salah satunya melalui ekonomi kreatif. Pertumbuhan industri kreatif sebagai tulang punggung ekonomi kreatif diharapkan dapat melakukan akselerasi pertumbuhan penjualan produk kreatif karya bangsa Indonesia. Beberapa kanal digital seperti marketplace, online store dan sosial media saat ini paling banyak dan paling mudah digunakan masyarakat sebagai srana promosi dan publikasi produk kreatif. Metode promosi dan penjualan produk kreatif yang dengan mudah dikembangkan saat ini tanpa modal usaha yang besar namun efektif, antara lain: penambahan video dan stop motion pada media promosi, storytelling sebagai media promosi yang mengarah pada human spirit, Marketplace Online untuk Startup. Sebenarnya masih banyak metode promosi dan pemasaran produk dalam penelitian ini ditampilkan tiga cara yang paling mudah dan efisien serta sesuai dengan pelaku industri kreatif yang masih dalam taraf pemula khususnya gemerasi muda dan mahasiswa. Besarnya peluang bisnis kreatif yang diramalkan akan lebih maju disambut oleh pelaku usaha yang masih startup dengan membuat marketplace produk kreatif seperti handcraft atau handmade. Adanya marketplace produk kreatif atau produk unik ini bertujuan untuk memudahkan penjual dengan segala tipe bidang industri kreatif untuk memasarkan produk mereka. Kurangnya minat masyarakat terhadap produk lokal Indonesia bukan hanya disebabkan karena kualitas produk yang kurang baik atau kesan kurang trendy yang tertanam di benak masyarakat, bisa saja kurangnya minat membeli produk lokal dikarenakan produsen produk kreatif asli Indonesia kurang memahami cara pemasaran produknya. Dengan solusi digital marketing diharapkan ekonomi kreatif di Indonesia akan mengalami peningkatan dan akan melahirkan banyak desainer produk lokal asli Indonesia yang lebih banyak sehingga perekonomian di Indonesia juga ikut meningkat. Media digital sebagai media pemasaran produk kreatif dirasa sangat tepat karena saat ini masyarakat sebagai konsumen sudah pada tahapan mudah dipengaruhi secara persepsi terhadap sebuah produk yang akhirnya mengarah pada sebuah preferensi pembelian produk. Pengembangan digitalpreneurship yang digabungkan dengan pengembangan produk kreatif diharapkan mampu menambah bidang usaha baru dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia melalului potensi budaya lokal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: creativepreneurship, digitalpreneurship, industri kreatif.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty of Creative Industry > Department of Product Design and Management
Depositing User: WYNA HERDIANA - 208013
Date Deposited: 29 Jun 2018 08:33
Last Modified: 04 Mar 2020 09:49
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32598

Actions (login required)

View Item View Item