Analisis Kualitas Layanan untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen di Supermarket Indogrosir Jemursari

Koentjoro, Yunnita (2005) Analisis Kualitas Layanan untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen di Supermarket Indogrosir Jemursari. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2500_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2500_Abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135349

Abstract

Supermarket INDOGROSIR Jemur Sari merupakan perusahaan dibidang retail yang berlokasi di jalan Jemur Sari no. 351, Surabaya Dengan semakin banyaknya bisnis ini, menyebabkan terjadinya persaingan antar supermarket. Untuk dapat meraih pangsa pasar yang besar, setiap supermarket hams berusaha untuk selalu m~akan evaluasi khususnya terhadap kualitas layanannyaUntuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis retail, maka supermarket INDOGROSIR hams dapat memposisikan diri secara tepat dan dapat memberikan kepuasan pada konsurnennya Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di supermarket INDOGROSIR. Penelitian ini menggunakan analisis Gap melalui metode servqual dengan menggunakan dimensi retail service quality yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsurnen dan karyawan supermarket INDOGROSIR Jemur Sari. Penelitian ini menunjukkan bahwa konsurnen supermarket INDOGROSIR Jemur Sari terbagi menjadi 2 konsurnen yaitu konsurnen eceran dan konsurnen grosir Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat harapan dan persepsi konsurnen eceran dan konsurnen grosir. Untuk konsurnen eceran tingkat persepsi tertinggi pada area parkir aman (mean = 3,87). Sedangkan tingkat harapan tertinggi pada kebersihan pada keranjanglkereta terjaga (mean = 4, 72). Untuk konsurnen grosir tingkat persepsi tertinggi pada area parkir luas (mean = 3,88). Sedangkan tingkat harapan tertinggi pada petunjuk letak: produkjelas (mean= 4,43). Analisis Crosstab berdasarkan profit responden bahwa antara jenis kelamin, dengan siapa berbelanja, dan lama menjadi pelanggan saling belbubungan dengan kelompok konsurnen eceran dan konsurnen grosir. Analisis Manova terlihat bahwa terlihat ada perbedaan mean antara kelompok konsurnen eceran dan konsurnen grosir untuk tingkat harapan dan tingkat persepsi. Analisis kuad.ran yang dilakukan untuk mengetahui perbedaan mean antara tingkat harapan dan tingkat persepsi, sehingga dapat diketahui variabel-variabel apa saja yang menurut konsurnen masih merasa tidak puas yang merupakan variabel yang menjadi kelemahan yaitu variabel display harga kurang jelas, kebersihan kereta atau keranjang terjaga, petunjuk letak: produk kurang jelas, dan jurnlah stoklpersediaan produk memadai. Melalui pendekatan QFD dapat diperoleh faktor yang perlu diprioritaskan untuk dilaksanakan oleh pihak supermarket INDOGROSIR Jemur Sari sesuai keinginan konsurnen, yaitu pemasangan display harga dengan jelas dan pengecekan harga yang ada di rak dan di komputer (258,5).

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 02 Jul 2018 01:34
Last Modified: 02 Jul 2018 01:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32600

Actions (login required)

View Item View Item