Budihardjo, Epifany (2002) Analisis Sistem Personal Selling untuk Menigkatkan Kepuasan Pelanggan di PT. Terra Computer System. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_1830_Abstrak.pdf Download (50kB) | Preview |
Abstract
Dengan persaingan yang makin ketat, maka perlu bagi PT. Terra Computer System untuk melakukan analisis terhadap sistem personal selling, karena PT. Terra Computer System selalu melaksanakan sistem personal selling untuk menjual produk-produknya. Pada penelitian ini, sampel yang diambil adalah konsumen PT. Terra Computer System yang berlangganan secara aktif, yaitu melakukan pembelian secara kontinue setiap bulannya selama 6 tahun terakhir. Hasil yang diperoleh adalah bahwa konsumen akan dibagi menjadi 2 kelompok konsumen, yaitu kelompok konsumen dengan pengambilan kurang dari 5 juta sebulan dan konsumen yang besar pengambilan sebesar 5 juta atau lebih sebulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada beda antara tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan konsumen antara kelompok konsumen dengan pengambilan kurang dari 5 juta dalam sebulan dan kelompok konsumen dengan pengambilan sebesar 5 juta atau lebih dalam sebulan. Pada kelompok konsumen dengan pengambilan kurang dari 5 juta sebulan, rata-rata tingkat kepuasan secara keseluruhan adalah- 0.981 sedangkan rata-rata tingkat kepentingan secara keseluruhan adalah 3.746. Sedangkan pada ke1ompok konsumen dengan pengambilan sebesar 5 juta atau lebih dalam sebulan, rata-rata tingkat kepuasan secara keseluruhan adalah - 0.951 sedangkan rata-rata tingkat kepentingan secara keseluruhan adalah 3.768. Tindakan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan tingkat kepuasan kelompok konsumen dapat dilakukan dengan cara ketersediaan produk harus cukup, agar tidak terjadi penolakan terhadap permintaan konsumen yang diakrenakan produk yang diminta konsumen tersebut habis; salesperson hendaknya memberi tanggapan atas saran dari konsumen, misalnya telepon apabila ada paket khusus yang murah; konsumen akan merasa dirugikan apabila tidak mengetahui bila ada paket khusus yang murah, sebab meskipun konsumen membeli secara paket, tetapi tetap dijual seperti harga normal satuan; salesperson hendaknya lebih menunjukkan sikap energik serta dinamik, tidak menunjukkan sikap malas terhadap konsumen, agar konsumen merasa senang dan nyaman untuk menerima kunjungan dari salesperson; salesperson hendaknya telepon secara rutin untuk penawaran barang; salesperson hendaknya mempunyai catatan frekuensi pemesanan dari konsumen, agar apabila ada konsumen yang tidak pesan dalam jangka waktu seminggu dapat ditelpon untuk mengadakan pesawaran barang; variasi produk yang dijual diperbanyak, sehingga konsumen mempunyai pilihan yang lebih bervariatif terhadap produk yang akan dibelinya.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 09 Jul 2018 06:38 |
Last Modified: | 09 Jul 2018 06:38 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32634 |
Actions (login required)
View Item |