Evaluasi Dan Perancangan Fasilitas Bermain Outdoor Untuk Anak Usia 4-6 Tahun Di Taman Kanak - Kanak Pertiwi Teladan

JANUAR, DANIEL (2012) Evaluasi Dan Perancangan Fasilitas Bermain Outdoor Untuk Anak Usia 4-6 Tahun Di Taman Kanak - Kanak Pertiwi Teladan. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/230841

Abstract

Masa kanak-kanak adalah masa dimana seorang anak mengalami proses belajar melalui permainan. Dengan bermain dapat melatih dan mengasah otak untuk mencari solusi dari sebuah permainan. Dalam tempat bermain dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu permainan yang dilakukan didalam ruangan (indoor) dan permainan yang dilakukan diluar ruangan (outdoor). Keadaan fasilitas bermain di TK Pertiwi Teladan (jungkat-jungkit, ayunan berhadapan, mangkok berputar, panjat-panjat, luncuran) masih kurang aman (jarak antar anak tangga pada permainan panjat-panjat yaitu 45 cm) dan ergonomis (diameter pegangan untuk permainan jungkat-jungkit yaitu 5 cm) untuk anak. Oleh karena itu akan dilakukan evaluasi terhadap fasilitas bermain tersebut, kemudian akan dilakukan perancangan permainan baru dari sisi ukurannya. Selain itu pihak TK Pertiwi Teladan menginginkan untuk penambahan fasilitas bermain outdoor yang baru Perbaikan dan perancangan fasilitas bermain dilakukan dengan mengaplikasikan beberapa teori, yaitu: teori ergonomi, antropometri, metode BeSafe, perancangan dan pengembangan produk. Langkah-langkah yang dilakukan dalam metode BeSafe yaitu, menjelaskan kondisi lingkungan bermain pada setiap area bermain, penjelasan pemakaian dari fasilitas bermain, penjelasan karakteristik pemakai, penjelasan aturan pemakaian pada fasilitas bermain, pengumpulan data untuk dianalisis kesalahan yang potensial (bahaya rendah dan tinggi) pada 2 permainan yang paling berpotensi bahaya (panjat-panjat dan jungkat-jungkit), mengidentifikasi pihak-pihak yang bertanggung jawab jika terjadi kecelakaan, dan mengidentifikasi kegagalan laten dalam sistem. Untuk merancang fasilitas bermain yang baru di TK Pertiwi Teladan perlu dilakukan penyebaran kuesioner dan wawancara untuk menggali keinginan dari konsumen. Keinginan tersebut diterjemahkan menjadi sebuah permainan yang aman, nyaman, dan ukuran sesuai dengan anak. Dari beberapa permainan yang muncul dari hasil kuesioner yaitu permainan engklek, menara susun, menyusun kayu, dan building block raksasa, permainan menara susun yang terbanyak diminati oleh responden. Selanjutnya mendapatkan tingkat kepentingan tentang perancangan permainan menara susun. Kriteria yang didapat diterjemahkan dalam bentuk produk. Produk yang dibuat adalah menara susun yang berupa prototipe fisik dari gabus dan hasil dari concept testing menunjukkan bahwa sebanyak 100% responden menyatakan kepuasan terhadap produk yang akan dirancang.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: ergonomi, BeSafe, perancangan fasilitas bermain.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 08 Apr 2013 01:55
Last Modified: 08 Apr 2013 01:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3269

Actions (login required)

View Item View Item