Perancangan Strategi Bauran Dan Komunikasi Pemasaran Pada Rumah Makan Ayam Goreng Dan Ikan Bakar Bu Cokro Surabaya

DARMAWAN, YOSIA RUDY (2012) Perancangan Strategi Bauran Dan Komunikasi Pemasaran Pada Rumah Makan Ayam Goreng Dan Ikan Bakar Bu Cokro Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/230842

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis semakin hari semakin ketat. Setiap bidang usaha dituntut tuk memiliki strategi pemasaran yang baik dan tepat untuk dapat bersaing dengan pesaing sejenisnya. Salah satu dunia bisnis yang saat ini mulai banyak diminati adalah bisnis rumah makan. Banyaknya pelaku bisnis yang mencoba merambah bisnis rumah makan menyebabkan tingkatan jumlah rumah makan semakin hari semakin bertambah sehingga persaingan antar rumah makan cukup tinggi khusunya di Surabaya. Rumah Makan Ayam Goreng dan lkan Bakar Bu Cokro merupakan salah satu rumah makan di Surabaya yang berdiri pada tahun 2006 yang berlokasi di jalan Raya Dharmahusada 190. rumah makan ini merupakan rumah makan yang menyediakan berbagai menu masakan Indonesia yang menu favorit ayam goreng dan ikan bakar. Berdasarkan hasil wawancara dengan pemilik rumah makan, selama ini tidak ada strategi pemasaran yang dilakukan oleh Rumah Makan Ayam goreng dan Ikan Bakar Bu Cokro sehingga Rumah Makan Ayam Goreng dan Ikan Bakar Bu Cokro memerlukan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai untuk meningkatkan penjualan serta untuk mempertahankan kwalitas konsumen sehingga konsunen yang sudah mengunjungi Rumah makan Ayam Goreng dan Ikan Bakar Bu Cokro akan kembali lagi. Penelitan ini dilakukan dengan membagi dua kelompok konsumen yaitu konsumen pelanggan dan konsumen potensial. Konsumen pelanggan merupakan konsumen yang pernah mengunjungi Rumah Makan Ayam Goreng dan Ikan Bakar BuCokro, sedangkan konsumen potensial merupakan konsumen yang belum pernah mengunjungi Rumah Makan Ayam Goreng dan ikan Bakar Bu Cokro. Pengumpulan data sampling dilakukan kepada 100 orang responden konsumen pelanggan dan 100 orang responden konsumen potensial. Setelah pcngumpulan data dilakukan beberapa analisis sebelum ditarik kesimpulan antara lain analisis deskriptit: analisis prilaku konsumen, analisis tingkat kepuasan dan kepentingan, analisis crosstabs, analisis NOVA, analisis kuadran, analisis SWOT, perancangan STPD, bauran pemasaran 8P(Product ments, Place, Promotion, Price and other cost of service, Process, Productivity and quality, ople, Physical devidence). serta Marketing Communication Design. Dari analisis crosstabs, profit konsumen pelanggan dan konsumen potensial diketahui memiliki perbedaan pada variabel usia, bididikan terakhir, jenis pekerjaan, frekuwensi mengunjungi rumah makan per minggu, pengeluaran sekali ke rumah makan, penentuan rumah makan yang dituju, penentuan menu makanan. Dari hasil analisis MANOVA diketahui ada perbedaan tingkat kepentingan antar konsumen pelanggan dan konsumen potensial. Dari analisis kuadran, nilai rata-rata tingkat kepentingan tinggi diatas 4.35 sehingga pembagian kuadran dibagi menjadi dua yaitu kuadran kelebihan dan kelemahan Rumah Makan Ayam Goreng dan Ikan Bakar Bu Cokro. Dari hasil analisis kuadran dapat dirancang strategi SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats). Dari hasil analisis yang dilakukan maka dapat dilakukan perancangan strategi pemasaran Pada dan bauran pemasaran 8P serta mendesain marketing communication design. Segmentasi Rwnah Makan Ayam Goreng dan Ikan Bakar Bu Cokro berdasarkan aspek demografis yaitu i-laki 52% dengan usia 36-45 tabw 35o/o, berpendidikan terakhir sarjana 53%, dan pcngeluaran -rata per bulan Rp 1.500.000 -Rp 5.000.000 dengan persentase 45%. Dari data tersebut dapat dimpulkan bahwa segmen pasar Rumah Makan Ayam Goreng dan Ikan Bakar Bu Cokro adalah masyarakat kelas ekonomi menengah. Pada tahapan berikutnya dilakukan survei brand awareness, dapatkan basil dari 100 orang responden, 67"/o tidak mengetahui Rumah Makan Ayam Goreng dan Ikan Bakar Bu Cokro, sehingga dapat dilakukan perancangan strategi untuk menginformasikan kepada masyarakat di Surabaya bahwa terdapat Rumah Makan Ayam Goreng dan Ikan Bakar Bu Cokro di Jalan Dharmahusada 190. Perancangan strategi ini salah satunya melalui marketing communication design. Marketing communication design merupakan cara untuk mengkomunikasikan merk Rumah Makan Ayam Goreng dan Ikan Bakar Bu Cokro kepada konsumen. Media yang dipilih dalam hal ini adalah media komunikasi. Media komunikasi yang dipakai antara lain ,brosur, website, dan stasionary set yang berupa piring, gelas, kartu nama, mber card, seragam karyawan, nomor meja, kotak kemasan, kertas surat dan amplop, kotak kue, buku menu dan kalender. Total anggaran promosi yang dikeluarkan untuk media komunikasi tersebut sebesar Rp 7.380.000.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Strategi Bauran Dan Komunikasi Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 08 Apr 2013 01:55
Last Modified: 08 Apr 2013 01:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3270

Actions (login required)

View Item View Item