Stres Kerja Dan Motivasi Berprestasi (N ACH) PAda Pengajar Lembaga Pendidikan Komputer X Di Surabaya

Mutter, Ignasius Ferry Kurdianto (2006) Stres Kerja Dan Motivasi Berprestasi (N ACH) PAda Pengajar Lembaga Pendidikan Komputer X Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_748_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_748_Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148592

Abstract

Keefektifan suatu perusahaan atau lembaga ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya adalah faktor motivasi berprestasi (N' Ach) yang dimiliki oleh para karyawannya Lembaga Pendidikan Komputer "X" Surabaya merupakan salah satu lembaga yang menempatkan faktor motivasi berprestasi (N' Ach) tersebut menjadi faktor yang penting untuk. diperhatikan, karena dengan meningkatnya motivasi berprestasi (N' Ach) khususnya motivasi berprestasi para pengajar maka mutu pengajaran yang diberikan dapat ditingkatkan. Peningkatan mutu pengajar:ao menyebabkan bertamhahnya sekolah-sekolah yang akan mengadakan keijasarna sehingga pendapatan lembaga akan ikut meningkat Sebatiknya jika motivasi berpresta'ii pengajar rendah. maka mutu pengajaran akan menurun dan banyak sekolah yang akan mengadakan pemutusan hubungan kerjasama sehingga pendapatan lembaga akan berkurang. Dalam meningkatkan motivasi berprestasi, hal ini tidak terlepas dari stres kerja yang dialami seorang pengajar karena stres kerja yang terlalu ringan atau berlebihan akan mengakibatkan hasil atau prestasi kerja tnenjadi rendah, sebaliknyajika stres kerja yang optimal dialami pengajar maka pengajar tersebut akan menghasilkan kerja yang optimal juga serta didalamnya terdapat motivasi untuk berprestasi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres kerja dan motiva'ii berpresta<;i (N' Ach) pengajar Lembaga Pendidikan Komputer "X" Surabaya. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah total population study yaitu menggunakan keseluruan populasi, dalam hal ini pengajar komputer pada Lembaga Pendidikan Komputer "X' Surabaya sebanyak 31 orang dengan karakteristik yaitu berusia antara 25-50 tahun dan merupakan pengajar komputer aktif di kelas baik tingkat TK, SO, SMP dan SMUIK. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket Skala Stres Kerja dan Skala Motivasi Berprestasi (N' Ach). Analisis statistik dilakukan dengan tekt1ik korelasi product moment dari Pearson melalui program SPSS (Statictical Program for Social Science) seri 9.0. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa ada hubungan negatif yang signiftkan antara stres kerja dengan motivasi berprestasi (N' Ach) pengajar yaitu dengan koefisien korelasi Pearson sebesar rxy=-0,444 dan p(O,Ol2)<0.05 Melalui penelitian ini dapat disarankan kepada pihak lembaga untuk dapat menjaga tingkat stres dan motivasi berprestasi dari para pengajar karena dengan adanya motivasi berprestasi (N' Ach) yang tinggi maka mutu pengajaran yang ada dapat lebih di tingkatkan, sehingga kerjasama yang telah dilakukan antara pihak lembaga dengan beberapa sekolah yang ada dapat tetap dipertahankan Untuk peneliti lain diharapkan memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi stres kerja maupun motivasi berprestasi (N' Ach) dalam penelitian seperti faktor lingkungan, kelas sosial, proses belajar yang telah dialaminya, kepribadian dan faktor kecerdasan (IQ) yang dimiliki seseorang.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Stres kerja, motivasi berprestasi (N' Ach), pengajar komputer
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 19 Jul 2018 09:31
Last Modified: 19 Jul 2018 09:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32719

Actions (login required)

View Item View Item