Pengukuran pH, Analisis B, Mn, Se, NO2 dan Zat Organik dalam Baku Air Minum

Rigelita, Maulina Ayu (2011) Pengukuran pH, Analisis B, Mn, Se, NO2 dan Zat Organik dalam Baku Air Minum. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_3234_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_3234_Abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/224481

Abstract

Kualitas air minum penting bagi kesehatan, oleh karena itu perlu dilakukan uji kualitas terhadap baku air minum yang akan diproses lebih lanjut. Seandainya ada penyimpangan dari yang dipersyaratkan, maka dapat diketahui apakah setelah proses akan diperoleh air minum dengan kualitas yang sesuai persyaratan. Sejalan dengan penelitian ini pada waktu, tempat, kondisi dan metode yang sama juga dilakukan penelitian terhadap basil proses reverse osmosis yang berasal dari baku air minum yang sama. Untuk mengetahui kualitas baku air rninum dilakukan pengukuran pH dengan pH-meter, analisis N02 dengan spektrofotometer, B, Mn, Se dengan !CPS (Inductively Coupled Plasma Spectrometer), dan Zat Organik dengan titrasi, Dari basil penelitian ini diperoleh bahwa sampel baku air minum tidak mengandung B, Mn, Se, pH dan kandungan N02 tidak menyimpang dari persyaratan Permenkes No.492/menkes/Per!IV/2010 tetapi zat organik yang terdapat dalam baku air minum menyimpang dari persyaratan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Baku air minum, reverse osmosis, pH, Zat Organik, Nitrit, Mangan (Mn}, Selenium (Se}, dan Boron (B).
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 26 Jul 2018 01:33
Last Modified: 26 Jul 2018 01:33
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32756

Actions (login required)

View Item View Item