Lukika, Visensia (2017) Peranan Non Financial Performance Measures dalam Mengukur Kinerja Bagian Produksi untuk Meningkatkan Kepuasan Customer pada PT. X di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_4092_Abstrak.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan membantu perusahaan mengukur kinerja terkait bagian produksi melalui pengukuran kinerja non finansial yang dilihat dari berbagai aspek pada bagian produksi dengan melakukan perbaikan terhadap masalah yang terjadi di perusahaan. Pengukuran kinerja finansial lebih awam digunakan tetapi tidak dapat mewakili kinerja perusahaan secara keseluruhan karena hanya mengukur angka di laporan keuangan tanpa mempertimbangkan faktor non finansial perusahaan. Pengukuran non finansial berorientasi pada perbaikan berkelanjutan agar meningkatkan efisiensi, produktivitas dan mengatasi kendala persaingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang merupakan exploratory research karena diharapkan dapat membantu manajemen dalam hal pengukuran kinerja dengan menerapkan Non Financial Performance Measures yang akan membantu perusahaan untuk mencapai perbaikan kinerja. Penelitian ini dilakukan dibagian produksi untuk membantu perbaikian produk sehingga meningkatkan kepuasan customer. Pengukuran yang dilakukan yaitu kinerja supplier, tingkat defect, produktivitas serta tingkat retur dan garansi. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Temuan penelitian ini menemukan perusahaan masih perlu melakukan pengukuran kinerja yang lebih baik pada bagian produksi. Dan perusahaan juga perlu untuk mencatat dan menggunakan pengukuran yang dilakukan sehingga perbaikan kinerja dapat tercapai. Terdapat berbagai kelemahan dalam penerapannya, sehingga penelitian ini hanya memberikan rekomendasi perbaikan dari permasalahan dengan memberikan pengukuran kinerja lain untuk meningkatkan kinerja serta pengambilan keputusan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengukuran Kinerja, Pengukuran Kinerja Non Finansial, Perbaikan Kinerja, Kepuasan Customer, Kinerja Bagian Produksi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 27 Jul 2018 07:37 |
Last Modified: | 27 Jul 2018 07:37 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32802 |
Actions (login required)
View Item |