Studi Deskriptif Prosedur Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

Wulansari, Sri (2009) Studi Deskriptif Prosedur Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_363_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_363_Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/132166

Abstract

Prosedur penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan kunci keberhasilan pengajaran di sekolah. Dalam hal ini, penyusunan RPP harus selalu diperbarui agar siswa dapat mencapai kompetensi dasar yang diharapkan. Pada SMU Z Surabaya, beberapa guru meminjam RPP dari sekolah lain dan mengcopy-paste RPP tahun lalu. Hal ini menunjukkan bahwa kurangnya pemahaman guru tentang manfaat RPP, sehingga beberapa guru kurang memperhatikan prinsip pengembangan RPP. Akibatnya tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan tidak tercapai, mengingat kemampuan dasar siswa selalu berubah tiap tahun ajaran baru. adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan RPP, seperti kondisi sekolah, kemampuan dan perkembangan siswa, keadaan guru dan pengendalian waktu. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif tentang prosedur penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian adalah guru kelas 1 dan kelas 2 SMU Negeri Z Surabaya. Sampel penelitian berjumlah 50 orang. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu angket terbuka dan tertutup untuk aspek-aspek langkah-langkah penyusunan RPP dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Data dianalisis dengan cluster pada program SPSS for Windows versi 15.0. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya 3 kelompok dengan karakteristik sebagai berikut: kelompok A kemampuan dalam penyusunan RPP tergolong dalam kategori sedang dan dipengaruhi oleh faktor internal; kelompok B kemampuan penyusunan RPP tergolong dalam kategori tinggi dan dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal; kelompok C kemampuan penyusunan RPP tergolong dalam kategori tinggi dan dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Saran untuk guru yaitu guru sebaiknya lebih sering berlatih alokasi waktu, memvariasikan metode. Saran bagi sekolah ialah menambah ruang media, workshop tentang manfaat pentingnya RPP dan diharapkan kepala sekolah memberi penghargaan terhadap tugas guru, sedangkan bagi penelitian selanjutnya dapat melakukan wawancara.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Penyusunan Rencana Pembelajaran (RPP)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 27 Jul 2018 11:02
Last Modified: 27 Jul 2018 11:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32808

Actions (login required)

View Item View Item