Analisis Perbedaan Kinerja Santri Taman Pendidikan Al-Qur an Antara Posisi Duduk Simpuh Dan Duduk Bersila Di Taman Pendidikan Al-Qur an AL-Amin Dan AR-Ridho

Prananingrum, Dhiana (2004) Analisis Perbedaan Kinerja Santri Taman Pendidikan Al-Qur an Antara Posisi Duduk Simpuh Dan Duduk Bersila Di Taman Pendidikan Al-Qur an AL-Amin Dan AR-Ridho. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2282_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2282_Abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135592

Abstract

Taman Pendidikan Al-Quran Al-Amin dan Ar-Ridho merupakan lembaga pendidikan semiformal yang memberikan pendidikan moral keagamaan untuk membentuk manusia seutuhnya. Peserta didik adalah anak-anak usia taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD). Hampir 90% aktivitas belajar mengajar adalah membaea dan menulis yang dilakukan dengan posisi duduk bersila dan bersimpuh selama 60 menit waktu belajar. Karena posisi duduk yang tidak ergonomis dan lamanya waktu belajar, memungkinkan dapat memberikan dampak terhadap kinerja para santri terutama konsentrasi saat mengikuti pelajaran. Dalam suatu proses belajar mengajar ada beberapa aspek yang mempengaruhi kenyamanan maupun konsentrasi dalam belajar, salah satunya adalah fasilitas belajar yang digunakan, yaitu meja lipat dan papan tulis karena digunakan selama aktivitas belajar mengajar berlangsung. Model dan ukuran meja lipat pada kedua TP A sama. Sedangkan papan tulis di TPA Al-Amin diletakkan lebih tinggi dibanding TPA Ar-Ridho. Cara peletakan papan tulis yang berbeda dapat mempengarnhi kenyamanan dalam belajar. Untuk itu dilakukan penyebaran kuesioner kepada seluruh santri TPA Al-Amin dan ArRidho untuk mengetahui pendapat santri mengenai fasilitas belajar yang digunakan. Hasilnya para santri menginginkan adanya perbaikan meja lipat dan penambahan fasilitas belajar berupa alas duduk, karena meja lipat terlalu rendah dan santri duduk di lantai tanpa alas duduk.Kemudian dilakukan eksperimen terhadap 15 responden pada masing-masing TP A yang diberi tugas mengerjakan lima jenis soal dengan menggunakan fasilitas belajar lama dengan duduk sila dan simpuh, setelah selesai mengerjakan satu jenis soal diukur denyut nadinya untuk mengetahui perbedaan kelelahan antara duduk sila dan simpuh serta pengarnh dari waktu terhadap kelelahan. Kemudian diberikan kuesioner body map untuk mengetahui nilai rasa sakit dan postur tubuh santri diukur dengan metode REBA.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 30 Jul 2018 07:52
Last Modified: 30 Jul 2018 07:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32813

Actions (login required)

View Item View Item