Peningkatan Kualitas Proses Pengelasan Tutup Palka Kargo Kapal Dengan Penerapan Desain Eksperimen Shainin Di Pt. Pal, Surabaya

HIDAYAT, ARIS (2012) Peningkatan Kualitas Proses Pengelasan Tutup Palka Kargo Kapal Dengan Penerapan Desain Eksperimen Shainin Di Pt. Pal, Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/230850

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin meningkat diberbagai industri menyebabkan banyak industri berusaha meningkatkan produk yang dihasilkan. Salah satu perusahaan yang terpengaruh oleh ketatnya persaingan bisnis tersebut adalah PT. PAL INDONESIA yang bergerak dibidang perkapalan. Produk yang dihasilkan PT. PAL INDONESIA adalah kapal niaga, kapal tanker, kapal pemerintah, dll. Dalam proses produksinya, produk yang dihasilkan ada yang mengalami ketidaksesuaian. Proses produksi meliputi proses pengelasan. Pada proses pengelasan jenis cacat yang dihasilkan adalah cacat las. Dari pengambilan data awal didapatkan presentase cacat keseluruhan untuk cacat las sebesar 0,23%. Cacat dipengaruhi oleh bahan baku, manusia, mesin, dan lingkungan. Dari pengamatan dan wawancara dengan pihak perusahaan didapatkan faktor mesin merupakan faktor paling dominan terutama dalam setting mesin. Pengunaan metode Shainin yaitu mendapatkan setting optimal dari parameter mesin yang diduga berpengaruh. Langkah pertama yang dilakukan adalah Multi Vari-Chart yaitu melihat penyebaran proporsi cacat berdasarkan mesin dan jenis produk. Kemudian dilakukan Concentration Chart untuk proses mana yang menghasilkan proporsi cacat terbesar. Hasil Multi vari-Chart dan Concentration Chart keseluruhan, penelitian dilakukan pada proses di mesin 2 dengan proporsi cacat kelompok D sebesar 0,364%. Kemudian dipisahkan menjadi 2 level yaitu level best (proporsi cacat rendah) dan level marginal (proporsi cacat tinggi). Paired Comparison dilakukan untuk mengetahui dampak dari perbedaan level masing-masing faktor terhadap respon dari cacat. Dari hasil Variable Search didapatkan penyebab cacat kelompok D adalah diameter elektrode, ampere, volts, dan kecepatan las. Tahap selanjutnya yaitu Full factorial, didapatkan penyebab cacat terbesar (Red X) untuk kedua jenis cacat adalah Ampere. Dan dari Final Optimization Through Scatter Plot didapatkan setting optimal ampere adalah 150 A. pada setting optimal terdapat perbedaan proporsi cacat yang dibandingkan dengan sebelumnya (Better Vs Current validation). Dari hasil tersebut kemudian dilakukan ekperimen konfirmasi yang menghasilkan cacat Kelompok D terdapat penurunan presentase dari 0.364% menjadi 0,31% . perhitungan biaya kegagalan internal dilakukan untuk melihat penghematan biaya sebelum dan sesudah eksperimen konfirmasi. Biaya kegagalan internal bulanan awal adalah Rp 21.450.330 dan setelah dilakukan eksperimen konfirmasi sebesar Rp 16.994.280. Sehingga berpengaruh terhadap penurunan persentase biaya kegagalan internal yang cukup signifikan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Desain Eksperimen, Metode Shainin
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 26 Mar 2013 02:05
Last Modified: 26 Mar 2013 02:06
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3283

Actions (login required)

View Item View Item