Analisis Profil dan Faktor Penyebab Ketidakpatuhan Pengasuh Terhadap Penggunaan Antibiotik pada Pasien Anak (Analysis of Profile and Contributing Factors to Non-Adherence towards Antibiotics Utilization AmongCaregivers of Paediatric Patients)

Krisnanta, Komang Agus Bayu and Parfati, Nani and Presley, Bobby and Setiawan, Eko (2018) Analisis Profil dan Faktor Penyebab Ketidakpatuhan Pengasuh Terhadap Penggunaan Antibiotik pada Pasien Anak (Analysis of Profile and Contributing Factors to Non-Adherence towards Antibiotics Utilization AmongCaregivers of Paediatric Patients). JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice), 8 (1). pp. 39-50. ISSN 2088-8139; E-ISSN 2443-2946

[thumbnail of Eko Setiawan_Antibiotik pada Pasien Anak.pdf] PDF
Eko Setiawan_Antibiotik pada Pasien Anak.pdf

Download (3MB)
Official URL / DOI: https://jurnal.ugm.ac.id/jmpf/article/view/33730

Abstract

Ketidakpatuhan penggunaan antibiotik merupakan salah satu faktor penyebab muncul-nya kasus resistensi antibiotik. Bagi pasien anak, ketepatan menggunakan antibiotik sepenuhnya bergantung pada pengasuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil dan faktor penyebab ketidakpatuhan penggunaan antibiotik oleh pengasuh pasien anak. Penelitian dilakukan secara prospektif terhadap pengasuh pasien anak yang mendapatkan antibiotik pada sebuah klinik swasta di Surabaya. Perilaku ketidakpatuhan diidentifikasi dengan menghitung jumlah obat yang digunakan pasien dibandingkan dengan total obat yang diresepkan, dan nilai 80% digunakan sebagai batas untuk menggolongkan pengasuh patuh dan tidak patuh. Analisis faktor penyebab ketidakpatuhan dilakukan dengan cara melakukan wawancara dan hasil dianalisis dengan menggunakan Theory of planned behaviour sebagai dasar teori pemetaan faktor penyebab ketidakpatuhan. Total 38 pengasuh bersedia terlibat dalam penelitian dan 27 (71,05%) dari antaranya diklasifikasikan tidak patuh terhadap pengobatan. Beberapa faktor penyebab ketidakpatuhan tersebut antara lain: keyakinan pengasuh akan reaksi obat yang tidak dikehendaki, harapan akan kesembuhan yang salah, pengetahuan pengasuh yang salah tentang antibiotik, rutinitas atau kesibukan pengasuh, lupa, fenomena berbagi obat, dan jenis sediaan yang diberikan kepada pasien. Perilaku tidak patuh terhadap penggunaan antibiotik di komunitas kota Surabaya dapat dikatakan cukup besar dan penyebab perilaku tersebut tidak semata disebabkan oleh pengetahuan yang kurang. Pemberian intervensi untuk memperbaiki perilaku ketidakpatuhan seharusnya tidak hanya ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan pasien saja tetapi lebih juga memperhatikan faktor penyebab lain sehingga dapat memperoleh dampak yang signifikan. Penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi jenis intervensi yang paling baik beserta dengan dampak dari implementasi intervensi tersebut perlu dilakukan sebagai upaya pemetaan awal sebelum dibuat suatu kebijakan baik yang bersifat lokal maupun nasional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan, Antibiotik, Pediatik = Adherence, Antibiotic, Pediatric
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 03 Aug 2018 04:21
Last Modified: 30 Nov 2023 10:22
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32863

Actions (login required)

View Item View Item