Formulasi Tablet Orally Disintegrating Atenolol dengan Superdisintegran Co-Process Crospovidone-Croscarmellose Sodium (1:1)

Parfati, Nani and Rani, Karina Citra and ., Violin (2018) Formulasi Tablet Orally Disintegrating Atenolol dengan Superdisintegran Co-Process Crospovidone-Croscarmellose Sodium (1:1). In: Buku Prosiding Kongres XX & Pertemuan Ilmiah Tahunan lkatan Apoteker Indonesia: Trusted Pharmacist for a Better Quality of Life. Ikatan Apoteker Indonesia, Pekanbaru, pp. 120-132. ISBN 978-979-95108-4

[thumbnail of Formulasi Tablet Orally Disintegrating 1.1.pdf]
Preview
PDF
Formulasi Tablet Orally Disintegrating 1.1.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

LATAR BELAKANG :Tablet orally disintegrating atenolol adalah merupakan tablet yang dirancang untuk hancur dalam rongga mulut, sehingga lebih memudahkan untuk dengan sangat cepat ditelan dan diharapkan disolusi bahan aktif lebih cepat serta mula kerja obat lebih cepat. Atenolol merupakan obat antihipertensi mempunyai karakteristiJ:c agak sukar larut dalam air, kategori BCS kelas 2, sehingga diperlukan untuk meningkatkan disolusi dengan cara pembuatan kompleks inklusi dengan atenolol-P-siklodekstrin dan penggunaan superdisintegran co-process crospovidone-croscarmellose sodium ( I: 1). Dalam penelitian ini dibuat dua formula superdisintegran, yaitu campuran fisik (formula I) dan superdisintegran co-process crospovidone-croscarmellose sodium 1: I (formula 2). Parameter yang diamati adalah waktu hancur, waktu dispersi, waktu pembasahan dan disolusi. TUJUAN : Membuat sediaan tablet Atenolol orally disintegran dengan menggunakan superdisintegran copresses crospovidon-croscarmellose yang memenuhi mutu ODT. METODE : Pembutan ODT Atenonolol dibuat dua tahap , tahap pertama atenolol dibuat sistem inklusi dengan =siklodekstrin ; tahap kedua dibuat coproses superdisintegran crospovidune- croscarmellose keduanya dengan metode solven evaporation; sedangkan pembuatan tablet ODT dengan metode cetak langsung. KESIMPULAN: Hasil parameter fisikia tablet orally disintegrating formula 2 dapat mempercepat waktu hancur, waktu dispersi in vitro, dan waktu pembasahan dan disolusi dan memenuhi sarat ODT.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Tablet orally disintegrating, atenolo l, co-process, superdisintegran
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 06 Aug 2018 01:51
Last Modified: 06 Aug 2018 03:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32873

Actions (login required)

View Item View Item