Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Guru terhadap Proses Implementasi KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)

Agustin, Ariesta (2009) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Guru terhadap Proses Implementasi KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_362_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_362_Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/132161

Abstract

Dunia pendidikan Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini diramaikan oleh bermacam-macam isu pergantian kurikulum. Kurikulum yang paling baru yang telah diterapkan adalah Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Penerapan KTSP ini juga akan mengalami kegagalan seperti penerapan kurikulum sebelumnya apabila seluruh pihak yang terkait dengan pelaksanaan/implementasi kurikulum terutama oleh guru masih belum bisa memahami proses implementasi KTSP. Pemahaman guru terhadap proses implementasi KTSP melahirkan persepsi terhadap proses implementasi KTSP. Setiap guru akan memiliki persepsi yang berbeda terhadap proses implementasi KTSP, perbedaan persepsi tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berdasarkan survei awal didapatkan berbagai faktor yang mempengaruhi persepsi tiap guru terhadap proses implementasi KTSP yaitu sifat, kompetensi guru, KKG, fasilitas dan kepala sekolah. Faktor-faktor tersebut menjadi sangat penting dibahas karena akan membantu guru dalam proses implementasi KTSP. Tujuan penelitian melihat faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam mempersepsikan proses implementasi KTSP. Pengambilan data dilakukan dengan angket tertutup menggunakan skala Likert dilengkapi dengan angket terbuka dan wawancara. Teknik analisis data adalah cluster analysis. Berdasarkan pengolahan data dengan cluster analysis didapatkan kelompok A memiliki persentase yang tinggi pada aspek evaluasi dan perencanaan, faktor yang mempengaruhinya sifat, kompetensi dan KKG . Lalu kelompok B memiliki persentase kecil pada semua aspek. Hal ini dipengaruhi oleh sifat dan kepala sekolah. Sedangkan pada kelompok C memiliki persentase persepsi yang tinggi pada aspek pelaksanaan, faktor yang mmpengaruhinya sifat guru. Persamaan ketiga kelompok terletak pada faktor yang mempengaruhi persepsi yaitu faktor sifat yang terdiri dari sifat percaya bahwa siswa memiliki kemampuan, adil dalam memberikan layanan, sabar dan rela berkorban dalam menjalankan tugasnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Persepsi guru, faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi, implementasi KTSP
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 07 Aug 2018 02:27
Last Modified: 07 Aug 2018 02:27
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32895

Actions (login required)

View Item View Item